1 Narapidana Lapas Sampit Peroleh Asimilasi di Rumah

1 Narapidana Lapas Sampit Peroleh Asimilasi di Rumah

Sampit, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kembali memberikan program Asimilasi di rumah kepada seorang narapidananya berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 24 Tahun 2021, Kamis (25/11). Narapidana ini telah memenuhi syarat administratif maupun substantif dan telah melalui berbagai tahapan, termasuk keterlibatan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sampit dalam melakukan Penelitian Kemasyarakatan sebagai salah satu syarat program Asimilasi di rumah.

"Kami telah melakukan serah terima seorang narapidana tersebut kepada Bapas Sampit sebagai Bapas pembimbing dan pengawas selama ia menjalani program Asimilasi di rumah," tutur Kepala Subseksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan, Reza.

Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto, mengatakan sejak diterbitkannya Permenkumham RI Nomor 24 Tahun 2021 tanggal 1 Juli 2021, hingga saat ini Lapas Sampit telah memberikan program Asimilasi di rumah kepada 123 narapidana yang terdiri dari 114 narapidana laki-laki dan sembilan narapidana perempuan. "Saya telah memerintahkan kepada bidang terkait untuk mengimplementasikan Permenkumham RI Nomor 24 Tahun 2021, namun harus tetap teliti, selektif, tidak tebang pilih, dan tidak ada pungutan biaya apapun dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Ia menambahkan diberlakukannya Permenkumham tersebut berdampak dalam hal mengurangi kepadatan hunian dan upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Lapas Sampit. “Saya berpesan kepada narapidana yang mendapatkan program Asimilasi di rumah agar memenuhi ketentuan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran. Apabila melakukan tindak pidana, maka akan kami lakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di rumah dan yang bersangkutan harus masuk ke dalam Lapas Sampit kembali,” pesan Agung. (IR)

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0