1 WBP Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Geser

1 WBP Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Geser

Ambon, INFO_PAS - Satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon an. Ali Keliobas dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Geser, Rabu (24/11). Karena lokasi Lapas Geser berada di luar Pulau Ambon, tepatnya di Kabupaten Seram Bagian Timur, maka pemindahan diharuskan menggunakan kapal laut.

Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menjelaskan proses pemindahan satu WBP ke Lapas Geser, selain sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta overcrowded di Rutan, juga untuk lebih mendekatkan WBP tersebut dengan keluarganya yang berasal dari daerah sana. “Kami tugaskan dua petugas Rutan Ambon serta satu personel Kepolisian Resor Kota Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease untuk melakukan pengawalan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan ke sana,” ucapnya.

Jose mengungkapkan perpindahan WBP ke Lapas Geser tetap sesuai dengan prosedur yang ada di mana terlebih dahulu WBP menjalani Rapid Tes Antigen dan tes urine dengan hasil negatif. Hal ini juga sebagai syarat pemberkasan yang akan dilampirkan dalam proses pemindahan tersebut. “Tak hanya WBP yang melakukan Rapid Tes Antigen, petugas pengawalan juga lakukan pemeriksaan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Persulessy, menjelaskan dengan dipindahkannya satu WBP ke Lapas Geser, maka jumlah penghuni Rutan Ambon menjadi 240 orang dengan rincian tahanan sebanyak 125 orang dan narapidana sebanyak 115 orang. “Fungsi kontrol akan tetap kami lakukan, baik di blok hunian WBP ataupun sekitar area beranggang, guna memastikan kondisi Rutan Ambon dalam keadaan aman dan mencegah terjadinya gangguan yang dapat terjadi kapanpun,” tegas Jefry. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0