10 Narapidana Rutan Ambon Jalani Program Asimilasi di Rumah

10 Narapidana Rutan Ambon Jalani Program Asimilasi di Rumah

Ambon, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon mengeluarkan 10 narapidana guna menjalani program asimilasi di rumah, Kamis (10/9). Pengeluaran narapidana ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Coronavirus disease (COVID-19).

Menurut Kepala Rutan (Karutan) Ambon, Wahyu Nurhayanto, program asimilasi di rumah untuk narapidana dan Anak merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di rutan maupun lembaga pemasyarakatan (lapas). "Setiap narapidana yang menjalani program asimilasi di rumah harus berkelakuan baik selama berada di luar. Apabila di kemudian hari mengulangi perbuatannya, maka hak-hak mereka akan dicabut,” terangnya.

Mereka yang memperoleh program ini tidak boleh bepergian ke luar daerah. Dalam hal ini, para narapidana yang menjalankan program asimilasi di rumah akan dikontrol dan diawasi secara langsung balai pemasyarakatan setempat.

Selain 10 orang yang melakukan program asimilasi di rumah, terdapat dua narapidana yang mendapatkan bebas Cuti Bersyarat. "Jadi, total yang bebas hari ini ada 12 orang," lanjut Wahyu.

Program asimiliasi di rumah dilakukan apabila narapidana telah memenuhi syarat dengan telah menjalani 2/3 masa pidananya tidak melebihi 31 Desember 2020. Lebih lanjut, Karutan menjelaskan program asimilasi di rumah merupakan wujud hadirnya pemerintah kepada masyarakat, khususnya narapidana yang berada di rutan maupun lapas, dan dalam pelaksanaannya tidak dipungut biaya.

HR, salah satu narapidana yang mendapatkan program asimilasi di rumah, mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM RI, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, serta Rutan Ambon atas kesempatan ini. "Saya berjanji akan memanfaatkan program ini dengan baik dan tidak akan mengulangi perbuatan saya di luar nantinya," ungkapnya.

 

 

Kontributor: Hery Waikero

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0