17 WBP Lapas Piru Ikuti Litmas Awal, Asimilasi, dan Integrasi

17 WBP Lapas Piru Ikuti Litmas Awal, Asimilasi, dan Integrasi

Piru, INFO_PAS - Sebanyak 17 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru terdaftar mengikuti Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) yang dilaksanakan dua Pembimbing Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon, Sabtu (3/7). Bertempat di ruang registrasi, Litmas tersebut dilaksanakan sesuai permintaan dari Lapas Piru yang terdiri dari 14 WBP mengikuti Litmas awal dan tiga WBP mengikuti Litmas khusus untuk usulan Asimilasi di rumah dan Integrasi.

Abdurrachman Bahta selaku Kepala Seksi Pembinaan menjelaskan kegiatan Litmas ini merupakan proses pembinaan Integrasi WBP sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI No. 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. Hal ini juga sesuai dengan Permenkumham RI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenkumham RI Nomor 32 Tahun 2020.

“Terima kasih kepada pihak Bapas Ambon yang telah merespon dengan baik permintaan Litmas dari kami yang merupakan tolak ukur dalam mengoptimalkan peningkatan program pembinaan di Lapas Piru dan untuk percepatan WBP kembali ke masyarakat,” ucap Abdurrachman.

 

Ia pun berharap dengan adanya litmas ini WBP yang mendapat usulan Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat bisa lebih cepat terlaksana. (IR)

 

 

 

Kontribut: Janniie

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0