2 WBP Lapas Saumlaki Hirup Udara Bebas Usai Dapat PB & Asimilasi di Rumah

2 WBP Lapas Saumlaki Hirup Udara Bebas Usai Dapat PB & Asimilasi di Rumah

Saumlaki, INFO PAS - Sebanyak dua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki, AS dan MR, menghirup udara bebas usai mendapatkan hak Pembebasan Bersyarat (PB) dan Asimilasi di rumah, Senin (2/8). Dikatakan Kepala Subseksi Pembinaan Lapas Saumlaki, Melkianus Jempormasse, kedua WBP tersebut telah memenuhi syarat administrasi, berkelakuan baik, tidak termasuk Register F, dan aktif melaksanakan program pembinaan selama di Lapas Saumlaki. 

"Selain syarat administrasi, keduanya mau membuka diri untuk berubah. Ini terlihat sampai saat ini mereka berkelakuan baik dan aktif mengikuti program pembinaan di Lapas sehingga kami anggap layak mendapatkan haknya. Untuk AS mendapatkan PB dan MR mendapatkan Asimilasi di rumah,” ujarnya.

Untuk pemberian Asimilasi di rumah ini merupakan ke tujuh kalinya yang dilakukan Lapas Saumlaki sejak dikeluarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021 dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Coronavirus disease (COVID-19) di lingkungan Pemasyarakatan serta mengatasi overcrowded hunian.

Setelah memberikan Surat Keputusan Asimilasi dan PB, Melki berharap kedua WBP tidak kembali mengulangi kesalahan yang melanggar hukum dan mematuhi protokol kesehatan selama menjalani program Asimilasi. "Jangan kembali mengulangi kesalahan. Ingat perjuangan selama di Lapas untuk Asimilasi di rumah. Kebijakan ini diambil pemerintah sebagai penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Lapas. Jadi, tolong di rumah saja dan ikuti protokol kesehatan,” pintanya.

Tak lupa, ia meminta keduanya untuk selalu bersifat kooperatif apabila dihubungi para Pembimbing Kemasyarakatan sebagai fungsi pengawasan.

Sementara itu, harapan yang sama disampaikan Kepala Lapas Saumlaki, David Lekatompessy, agar keduanya mematuhi protokol kesehatan sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 melalui Asimilasi di rumah tepat sasaran. "Percuma kalau bapak-bapak dibebaskan, tapi tidak mematuhi protokol kesehatan. Bebas untuk cegah COVID19, bebas untuk berkumpul dengan keluarga, bebas untuk bahagia. Jadi, tolong di rumah saja. Kita sama-sama lawan COVID-19,” ajak David. (IR)

 

 

Kontributor: Yossi L.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0