2 WBP Rutan Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

2 WBP Rutan Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

Ambon, INFO_PAS – Dua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon mulai menjalani Asimilasi di rumah, Kamis (24/6). Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dorsina Djadera, menyerahkan Surat Keputusan Asimilasi di hadapan keluarga WBP.

“Harap manfatakan program Asimilasi di rumah dengan baik, selalu jaga sikap, dan jangan melakukan tindakan yang dapat melanggar hukum yang berakibat ditarik kembali ke dalam Rutan,” pesannya.

Dorsina juga meminta pihak keluarga selalu mengawasi keberadaan WBP selama menjalani program Asimilasi di rumah. “Jangan pernah melakukan kesalahan lagi yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga,” tambahnya.

Salah satu WBP yang tidak mau menyebutkan namanya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku, serta jajaran Rutan Ambon atas program Asimilasi ini. “Saya berjanji akan menjaga amanat dan berbuat baik selama berada di luar,” tegasnya.

Program Asimilasi di rumah didasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 sebagai pengganti Permenkumham RI Nomor 10 Tahun 2020. Program ini tidak diberikan kepada narapidana dan Anak dengan tindak pidana pembunuhan Pasal 339 dan Pasal 340, pencurian dengan kekerasan Pasal 365, kesusilaan Pasal 285-290 KUHP, serta kesusilaan terhadap Anak sebagai korban Pasal 81 dan Pasal 82 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0