20 WBP Dipindah dari Rutan Ambon ke Lapas Ambon

20 WBP Dipindah dari Rutan Ambon ke Lapas Ambon

Ambon, INFO_PAS - Sebanyak 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Selasa (6/4). Pemindahan menggunakan mobil operasional Trans PAS ini disaksikan langsung Pelaksana Tugas Kepala Rutan Ambon, Husaini.

Ia menjelaskan WBP yang dipindahakan ke Lapas Ambon adalah WBP yang telah berstatus A3 atau sudah inkracht. Pemindahan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Coronavirus disease (COVID-19) dimana sebelumnya WBP yang akan dipindahakan terlebih dahulu telah melakukan rapid test oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dengan hasil nonreaktif serta lakukan tes urine oleh petugas kesehatan Rutan Ambon.

“Kesehatan WBP sangat kami perhatikan sebelum dipindahkan mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir,” ucap Husaini.

Ia menjelaskan pemindahan WBP ke Lapas Ambon guna mencegah overcrowded di Rutan Ambon yang saat ini dihuni 243 orang dengan kapasitas 150 orang.  “Proses pemindahan ini sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan,” lanjut Husaini.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dorsina Djadera, menjelaskan selain 20 WBP yang dipindahkan ke Lapas Ambon, rencananya akan ada beberapa WBP yang dipindahkan ke Lapas di luar Kota Ambon agar mereka bisa lebih dekat lagi dengan keluarganya. “WBP yang dipindahkan ke Lapas Ambon ataupun ke Lapas di luar Kota Ambon terlebih dahulu kami lengkapi berkas-berkasnya serta seluruh kelengkapan administrasi yang diperlukan nantinya sehingga proses pemindahan tidak akan terjadi kendala,” tandas Dorsina. 

Di tempat terpisah, pemindahan ini dikonfirmasi Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri. “Kami telah terima 20 WBP dari Rutan Ambon, yaitu tiga orang pidana narkotika, enam orang pidana penganiayaan dan pencurian, masing-masing satu orang pidana pembunuhan dan kekeraskan dalam rumah tangga, serta tiga orang pidana perlindungan Anak. Masa pidana bervariasi antara 4-8 tahun,” terang Saiful.

Ia juga membenarkan pemindahan ini dilakukan sesuai prosedur dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. “WBP yang dipindahkan tentunya telah dilakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu dengan hasil nonreaktif dan dengan kondisi kesehatan yang baik,” terang Saiful

Lebih lanjut, pemindahan tersebut dilakukan karena dipindahkannya tahanan yang sudah berstatus A3 di Rutan Kepolisian Daerah Maluku dan Kepolisian Resor Kota Ambon serta Kepulauan Lease ke Rutan Ambon. Saat tiba Lapas Ambon, ke-20 WBP tersebut diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu mencuci tangan dan menggunakan masker, masuk ke dalam blik steril, serta pengukuran suhu badan. Selanjutnya, mereka akan dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas klinik lapas serta melakukan tes urine sebelum ditempatkan pada kamar isolasi yang telah disediakan selama 14 hari.

Proses pemindahan berlangsung aman dan lancar dengan pengawasan petugas Lapas dan Rutan Ambon. Dengan pemindahan ini, kini jumlah WBP Lapas Ambon berjumlah 453 orang. (IR)

 

 

 

Kontributor: Rutan Ambon dan Lapas Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0