200 WBP Lapas & Rutan se-DKI Jakarta Bersihkan Istiqlal & Katedral

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Dua ratus Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) se-DKI Jakarta melaksanakan Bakti Merah Putih Narapidana membersihkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta, Rabu (27/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55 Tahun 2019.

Pada kesempatan ini, hadir Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, beserta jajaran pimpinan tinggi Pemasyarakatan serta Ketua Pengelola Badan Pengurus Masjid Istiqlal dan Ketua Sekretariat Gereja Katedral.

Utami menjelaskan Bakti Merah Putih Narapidana adalah wujud nyata mencapai tujuan Sistem Pemasyarakatan agar WBP dapat berperan aktif di dalam masyarakat setelah megikuti pembinaan selama masa pidana.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi dari anak bangsa Indonesia untuk berpartisipasi secara nyata dalam pembangunan nasional serta hasil dari pembinaan kepribadian dan kemandirian yang telah dilakukan selama ini,” tuturnya.

bakti merah putih narapidana

Dukungan juga diberikan oleh Ketua Pengelola Badan Pengurus Masjid Istiqlal dan Ketua Sekretariat Gereja Katedral. “Ini merupakan momen yang baik bagi kawan-kawan, melaksanakan kegiatan yang baik di rumah ibadah, sehingga dapat menjadi bekal kawan-kawan nantinya ketika sudah kembali ke masyarakat,” kata KH. Asep Syaifuddin selalu Ketua Pengelola Badan Pengurus Masjid Istiqlal.

WBP yang mengikuti Bakti Merah Putih Narapidana merupakan narapidana asimilasi atau mereka yang telah dikukuhkan sebagai Pasukan Merah Putih di lapas dan rutan pada tahun 2018. Dalam kegiatan ini pula, setiap perwakilan WBP dari masing-masing rutan dan lapas unjuk gigi atas kekompakan mereka dengan menyuarakan yel-yel.

Selain dilaksanakan terpusat di Jakarta, kegiatan ini juga dilakukan serentak oleh WBP dan petugas Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan metode pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian serta sikap gotong royong pada tiga elemen penunjang Pemasyarakatan, yaitu narapidana, petugas Pemasyarakatan, dan masyarakat.

200 WBP Lapas & Rutan se-DKI Jakarta Bersihkan Istiqlal & Katedral | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya