21 WBP Lapas Muara Teweh Bebas, Dapat Asimilasi di Rumah

21 WBP Lapas Muara Teweh Bebas, Dapat Asimilasi di Rumah

Muara Teweh, INFO_PAS - Sebanyak 21 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh yang terdiri dari 20 WBP laki-laki dan satu WBP perempuan dibebaskan untuk menjalani Asimilasi di rumah, Jumat (29/1). Pembebasan tersebut merupakan tindak lanjut dari perpanjangan program Asimilasi yang dilakukan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Coronavirus disease (COVID-19).

Kepala Lapas (Kalapas) Muara Teweh, Akhmad Herriansyah, mengatakan program Asimilasi di rumah sesuai dengan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 yang sebelumnya sudah digodok sedemikian rupa oleh para pimpinan di pusat dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di lapas. "Tentunya seluruh WBP Lapas Muara Teweh yang menerima Asimilasi di rumah telah memenuhi persyaratan. Salah satunya mengikuti program pembinaan dengan baik," ucap Herri.

Sebelum dibebaskan dari lapas, para WBP terlebih dahulu dibekali pemahaman dan ketentuan selama menjalani Asimilasi di rumah. Kalapas berpesan kepada WBP untuk menjaga nama baik Lapas Muara Teweh, jangan berperilaku buruk, bahkan mengulangi kesalahan yang sama, serta selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Ingat, Asimilasi di rumah bukan berarti kalian bebas murni, tetapi masih ada aturan-aturan yang harus dijalankan, seperti wajib lapor kepada Pembimbing Kemasyarakatan selaku pengawas dalam program Asimilasi di rumah," tegas Herri.

Ucapan terima kasih dan rasa syukur pun tak terbendung dari raut wajah WBP Lapas Muara Teweh. Apalagi program Asimilasi  di rumah diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Setelah menerima Surat Keputusan Asimilasi di rumah, ke-21 WBP Lapas Muara Teweh langsung diserahkan ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Muara Teweh untuk laporan awal sekaligus dilakukan pembimbingan dan pengawasan oleh petugas bapas. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Muara Teweh

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0