21 WBP LPN Jakarta Jalani Asimilasi di Rumah

21 WBP LPN Jakarta Jalani Asimilasi di Rumah

Jakarta, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta kembali melaksanakan pemberian Asimilasi di rumah kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pada Selasa (26/1) telah dilaksanakan pengeluaran dan pembebasan terhadap 21 WBP yang memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Selanjutnya, ke-21 WBP yang menjalani Asimilasi di rumah akan mendapatkan pengawasan oleh balai pemasyarakatan (bapas), yakni Bapas Jakarta Timur-Utara, Bapas Jakarta Barat, Bapas Jakarta Pusat, dan Bapas Bandung.

Sutrisno, salah satu WBP yang mendapatkan Asimilasi di rumah, mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Kepala Divisi Pemasyarakatan, serta jajaran Lapas Narkotika Jakarta atas program Asimilasi di rumah yang diberikan. “Kami tidak dibebankan atau dipungut biaya apapun,” tegasnya.

Oga G. Darmawan selaku Kepala Lapas Narkotika Jakarta menyampaikan Asimilasi di rumah diberikan kepada WBP yang telah memenuhi syarat. “Saya berpesan kepada 21 orang yang mendapatkan Asimilasi di rumah agar mematuhi segala peraturan dan imbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan,” pesan Oga.

Pemberian Asimilasi di rumah kepada WBP diharapkan menciptakan ruang gerak di lapas atau rumah tahanan negara (rutan) yang ideal sebagai antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19. Apalagi lapas dan rutan se-Indonesia masih mengalami overcrowded. (IR)

 

 

 

Kontributor: Pangku

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0