22 Anak LPKA Pangkalpinang Jalani Pemeriksaan Kesehatan & Rapid Test

Share:

Pangkalpinang, INFO_PAS – Sebanyak 22 Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang menjalani tes kesehatan rutin, Kamis (20/9). Pemeriksaan ini merupakan kerja sama antara LPKA Pangkalpinang dengan Puskesmas Taman Sari demi meningkatkan derajat kesehatan Anak.

Tiga petugas dari Puskesmas Taman Sari memeriksa ke-22 Anak secara intensif sebagai salah satu bentuk sinergi antar sesama institusi pemerintahan dalam rangka mewujudkan Anak yang sehat.

Sejumlah Anak pun menuturkan kerap mengidap sakit maag, demam, dan gatal-gatal. “Sakit yang paling banyak diderita oleh kami di sini adalah gatal-gatal. Sebenarnya sudah ada beragam tindak lanjut yang diberikan LPKA maupun dari puskesmas,” ujar salah satu Anak, Aldo.

Ia juga menambahkan bahwa penyebab gatal-gatal ini tidak lain adalah karena kurangnya kesadaran dari sejumlah Anak dalam terhadap kebersihan kamar serta kebiasaan mandi yang masih sering tidak peduli dengan kebersihan diri sendiri.

Dalam pemeriksaan kesehatan kali ini ada beberapa agenda yang dilakukan oleh petugas antara lain pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulan, skrining, pemeriksaan TB, serat pemeriksaan HIV/AIDS.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap Anak, sakit yang diderita hanya gatal-gatal, alergi, dan pusing. Sampai saat ini sudah tiga kali dilakukan pemeriksaan kesehatan di LPKA Pangkalpinang pada bulan Juni, Agustus dan September. Jika dilihat dari data hasil pemeriksaan bulan-bulan sebelumnya, Alhamdulillah sudah ada penurunan keluhan penyakit yang diderita oleh Anak, yaitu sekitar 50%. Hal ini tentu saja akan terus kami tingkatkan guna memberikan pelayanan kesehatan bagi Anak agar mereka bisa hidup sehat,” ujar Tika Fitriana selaku pengelola program kesehatan remaja di Puskesmas Taman Sari.

pemeriksaan kesehatan Anak

Ke-22 Anak juga diambil sampel darahnya untuk dilakukan tes hepatitis dan HIV/AIDS sebagai bentuk permintaan LPKA kepada Puskesmas Taman Sari guna mengetahui apakah ada atau tidaknya Anak yang terinfeksi hepatitis maupun HIV/AIDS.

“Setelah dilakukan Rapid Test, Alhamdulillah semua Anak LPKA Pangkalpinang dinyatakan negatif dari hepatitis maupun HIV/AIDS,” ujar petugas laboratorium analis kesehatan Puskesmas Taman Sari, Nudia Fadilah.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Perawatan LPKA Pangkalpinang, Alkok Marya, mensyukuri hasil negatii dari pemeriksaan hepatitis dan HIV/AIDS Anak LPKA Pangkalpinang. “Alhamdulillah, semuanya tidak ada yang terinfeksi hepatitis, HIV/AIDS, maupun penyakit menular lain,” ujarnya.

Ia berjanji akan rutin menggelar pemeriksaan kesehatan bagi Anak setiap bulannya bersama Puskesmas Taman Sari, sedangkan pemeriksaan hepatitis dan HIV/AIDS akan digelar tiga bulan sekali.

 

 

Kontributor: LPKA Pangkalpinang

22 Anak LPKA Pangkalpinang Jalani Pemeriksaan Kesehatan & Rapid Test | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya