25 Narapidana Lapas Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

25 Narapidana Lapas Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

Ambon, INFO_PAS - Sebanyak 25 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dikeluarkan untuk mengikuti Asimilasi di rumah mereka masing-masing, Jumat (16/7). Mereka mendapatkan Asimilasi di rumah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021 sebagai pencegahan penularan COVID-19, khususnya di lingkungan Pemasyarakatan.

Surat Keputusan Asimilasi di rumah diberikan langsung Kepala Lapas (Kalapas) Ambon, Saiful Sahri, kepada perwakilan narapidana. Turut hadir pimpinan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon, para Pembimbing Kemasyarakatan, serta keluarga narapidana.

Kalapas menekankan kepada keluarga narapidana agar tetap memastikan keluarga mereka tidak mengulangi perbuatan hukum di luar, mengikuti protokol kesehatan, dan sebisanya tetap berdiam diri di rumah. “Kalian belum dikatakan bebas, masih dalam pengawasan langsung oleh Bapas Ambon. Dengan begitu, narapidana tetap diharapkan di rumah sesuai mekanisme Asimilasi,” terangnya kepada para narapidana.

Saiful juga menegaskan pengeluaran narapidana dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis. “Jika memenuhi syarat, yaitu tanggal 2/3 masa pidananya tidak melebihi 31 Desember 2021 dan telah memenuhi persyarakatan, baik administratif maupun substantif, kami keluarkan tanpa biaya,” tegasnya

Sebelum dikeluarkan, ke-25 orang narapidana juga diberikan pengarahan dan penguatan oleh Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Meky Patty. “Kami harap selama menjalani Asimilasi di rumah, kalian tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum dan selalu mengikuti penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah,” pintanya.

Sebagai informasi, pengeluaran narapidana yang mendapatkan Asimilasi di rumah dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan tanggal 2/3 nya. Sebanyak 25 narapidana ini terdiri dari kasus narkotika dan kasus narkotika delapan orang serta 17 orang kasus pidana umum. Adapun jumlah narapidana yang menghuni Lapas Ambon saat ini sebanyak 444 orang. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0