26 WBP Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Ambon

26 WBP Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Ambon

Ambon, INFO_PAS - Sebanyak 26 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambon, Kamis (26/8). Pemindahan yang menggunakan mobil Transpas dikawal langsung oleh petugas Rutan Ambon berlangsung aman dan lancar.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Persulessy, menjelaskan pemindahan 26 WBP ke Lapas Ambon merupakan salah satu langkah antisipasi atau pencegahan guna terjadinya penumpukan di Rutan Ambon mengingat jumlah WBP di Rutan sudah mencapai 242 orang. “WBP yang dipindahkan ke Lapas Ambon adalah WBP kasus umum dan narkotika,” ujar Jefry.

Sementara itu, Kepala Subseksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan, Dorsina Jadera, menjelaskan proses pemindahan WBP ke Lapas Ambon tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ada di mana sebelumnya telah dilaksanakan Rapid Test Antigen oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dengan hasil negatif.

“Pemindahan ini dilaksanakan mengingat akan ada lagi pemindahan sejumlah tahanan yang berada di Rutan Kepolisian Daerah, Kepolisian Resor Kota, dan Kepolisian Sektor ke Rutan Ambon sehingga agar tidak terjadinya penumpukan di kamar-kamar hunian, maka WBP yang sudah berstatus narapidana dan masa hukumannya tinggi dipindahkan ke Lapas Ambon,” terangnya.

Hal senada disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Rutan Ambon, Fifi Firda. “Semoga dengan dilaksanakannya pemindahan WBP ke Lapas Ambon kondisi di Rutan selalu kondusif,” harapnya. 

Saat tiba di Lapas Ambon, ke-26 WBP diterima Kasubsi Registrasi, Ramdhan Basir. Penerimaan WBP dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, yakni mereka harus menggunakan masker saat dibawa ke Lapas, melampirkan surat kesehatan terbebas dari COVID-19, dan pengecekan suhu tubuh.  Tak hanya itu, mereka dirapikan penampilannya dengan memangkas rambut dengan model cepak/gundul.

“Penggundulan ini bukan untuk mempermalukan WBP tersebut, tetapi agar terlihat lebih rapi dalam berpenampilan,” terang Ramdhan.

Selanjutnya, WBP baru tersebut dilakukan pendaftaran di bagian registrasi dan diperiksa kesehatannya. Setelah itu, mereka akan melakukan isolasi selama 14 hari ke depan dengan tetap dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas kesehatan Lapas, baik secara rutin maupun insidentil.

Proses pemindahan berlangsung aman dan lancar diawas jajaran pembinaan narapidana/anak didik, kemanan dan ketertiban, kesatuan pengamanan, dan petugas pengamanan Lapas Ambon. Kini, penghuni di Lapas Ambon berjumlah 464 orang. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon, Lapas Ambon

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0