554 CPNS Kanwil Kalsel Berikrar “Janji Tunas Pengayoman”

Share:

Banjarmasin, INFO_PAS – Sebanyak 554 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwll) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan berikrar “Janji Tunas Pengayoman,” Senin (21/1). Ikrar tersebut dibacakan di hadapan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, dan Gubernur Kalimantan Selatan melalui Asisten I Bidang Pemerintahan, H. Siswansayah.

Pada kesempatan itu, perwakilan CPNS, Alex Boyke, menceritakan proses yang dilaluinya hingga berhasil menjadi CPNS Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

“Seleksi penerimaan CPNS di Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan bersih dan tidak ada pungutan liar (pungli),” ungkap anak penarik becak dan pemulung asal Banjarmasin ini.

Hal senada disampaikan perwakilan CPNS lainnya, Rahmati. “Informasinya cepat dan transparan, baik hasil dan pengumumannya, karena selesai tes nilai sudah langsung keluar sehingga memberikan semangat saya berusaha dengan maksimal dalam semua seleksi yang dijalani tampa khawatir ada ada pungli,” tutur putri petani asal Martapura tersebut.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, menyampaikan seleksi CPNS telah dilaksanakan dengan kompetitif, transparan, dan akuntabel yang menggunakan sistem teknologi informasi dimana ada 11.644 pendaftar online kualifikasi SMA/ sederajat dan yang mengirimkan surat lamaran sebanyak 9.806 berkas.

Pendaftar yang lulus administrasi sebanyak 7.416 pelamar dan dinyatakan lulus verifikasi dokumen asli sebanyak 5.704 pelamar, dilanjutkan Seleksi Kompentensi Dasar sebanyak 1.557 peserta, Seleksi Kompetensi Bidang Kesamaptaan 1.487 peserta, dan pengamatan fisik/keterampilan 1.443 peserta. Akhirnya yang dinyatakan lulus sebagai CPNS sebanyak 519 orang untuk kualifikasi SMU/sederajat dan 35 orang untuk dokter, dokter spesialis, dan sarjana sederajat.

pembukaan orientasi CPNS Kanwil Kalsel

“Proses rekrutmen yang transparan dan akuntabel akan menghasilkan Aparatur Sipil Negara yang berintegritas dan profesional serta harus diikuti dengan pembinaan yang berkelanjutan sejak CPNS tersebut melaksanakan tugas di hari pertamanya,” tegas Imam.

Sementra itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, H.Siswansayah berujar sinergi yang dibangun selama ini telah mengantarkan Provinsi Kalimantan Selatan meraih penghargaan bidang penegakan HAM dimana seluruh kabupaten/kota dianugerahi kabupaten/kota perduli HAM pada pringatan Hari HAM Sedunia ke-69 tahun 2017. Selain itu, kinerja organisasi juga sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya melihat Kemenkumham sangat memperhatikan aspek SDM seperti dalam penambahan personel melalui penerimaan CPNS untuk meningkatkan kualitas kinerja agar pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik. Semoga menjadi jawaban atas tantangan dan hambatan dalam mengelola organisasi. Oleh sebab itu, saudara-saudara adalah putra-putri terbaik bangsa, yang Insya Allah tidak diragukan lagi keprofesionalan dan kemampuan dalam menjalankan tugas di Kemenkumham,” pujinya.

Tak hanya di Kalimantan Selatan, “Janji Tunas Pengayoman” juga berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia yang dapat disaksikan melalui teleconference serta disaksikan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

Adapun janji yang diucapkan para CPNS adalah:

  1. Kami Tunas Pengayoman berjanji setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. Kami Tunas Pengayoman berjanji akan bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas;
  3. Kami Tunas Pengayoman berjanji akan menjunjung tinggi nilai- nilai organisasi, Kami PASTI, Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif;
  4. Kami Tunas Pengayoman berjanji akan menjauhkan diri dari narkoba dan berperang melawan arkoba demi menjaga martabat Kementerian Hukum dan HAM;
  5. Kami Tunas Pengayoman berjanji akan tetap menjaga netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara dan menjadi pemersatu dan perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

554 CPNS Kanwil Kalsel Berikrar “Janji Tunas Pengayoman” | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya