6 Narapidana Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Piru

6 Narapidana Rutan Ambon Dipindahkan ke Lapas Piru

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon memindahkan enam narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru, Sabtu (5/9). Proses pemindahan dilakukan dini hari pukul 05.00 WIT menggunakan Bus Transpas dengan pengawalan petugas Rutan Ambon mengingat posisi Lapas Piru berada di Pulau Seram dan moda transportasi laut yang digunakan adalah kapal feri. 

Menurut Kepala Rutan Ambon, Wahyu Nurhayanto, proses pemindahan ini, selain untuk mencegahnya over kapasitas sel hunian di rutan, juga untuk lebih mendekatkan narapidana dengan keluarganya mengingat hingga sekarang kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Ambon belum dibuka dan hanya menerima titipan barang karena masih diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid IV di Kota Ambon.

“Keluarga yang berada di luar Kota Ambon terkendala untuk berkunjung atau membawa makanan untuk narapidana yang berada di Rutan Ambon,” terangnya.

Wahyu menjelaskan proses pemindahan narapidana ke Lapas Piru dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan serta syarat pemberkasan yang diperlukan di masa PSBB. Narapidana yang dipindahkan sudah terlebih dahulu dilakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif serta dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urin guna kelengkapan pemberkasan.

“Perpindahan narapidana ke luar daerah baru pertama kami lakukan di masa pandemi Coronavirus disease (COVID-19) sehingga petugas yang melakukan pengawalan juga telah melakukan rapid test dan mendapatkan surat keterangan sehat dari Tim Gugus Tugas COVID-19," pungkas Wahyu.

 

 

 

Kontributor: Hery Waikero

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0