6 WBP Lapas Sampit Dipindahkan ke Lapas Palangkaraya

6 WBP Lapas Sampit Dipindahkan ke Lapas Palangkaraya

Sampit, INFO_PAS Sebanyak 6 WBP pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Rabu (26/1). Langkah ini ditempuh sebagai jalan keluar dari kondisi over kapasitas di Lapas Sampit.

Dari sudut pandang pembinaan, jumlah narapidana yang melebihi kapasitas membuat program pembinaan tidak maksimal. Dalam kurun waktu sekian lama dan berulang-ulang, maka kondisi tersebut rentan sekali terhadap proses-proses interaksi sosial yang tidak sehat, seperti pengelompokan atau pengorganisasian narapidana untuk usaha-usaha melanggar tata tertib.

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Sampit, Agung Supriyanto, kondisi over kapasitas di Lapas Sampit saat ini mencapai 272 persen. “Hingga saat ini kami masih terus kedatangan tahanan tahap tigas dan masih kami titipkan di Polres Kotawaringin Timur, sehingga kami harus mengatur kondisi kepadatan tingkat hunian yang berada di Lapas Sampit,” tuturnya.

Proses pemindahan WBP berjalan dengan lancar, aman, dan memenuhi persyaratan protokol kesehatan seperti tes COVID-19. Dalam pelaksanaannya, dilibatkan pula tim dari Polres Kotawaringin Timur untuk mendukung pengamanan. (prv)

 

Kontributor: Humas Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
3
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0