7 Narapidana Lapas Sampit Dapat Program Asimilasi di Rumah

7 Narapidana Lapas Sampit Dapat Program Asimilasi di Rumah

Sampit, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kembali mengeluarkan tujuh narapidana yang telah memenuhi persyaratan, baik administratif maupun substantif, untuk menjalani program Asimilasi di rumah, Jumat (9/7). Sebelum dilakukan pengeluaran, pihak Lapas telah menginventarisasi narapidana yang memenuhi syarat, melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sampit dan Bapas Kelas II Pangkalan Bun, serta Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan.

"Dari tujuh narapidana ini, enam orang di bawah pengawasan Bapas Sampit dan satu orang di bawah pengawasan Bapas Pangkalan Bun selama menjalani Asimilasi di rumah,” terang Kepala Subseksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan, Reza Febriansyah.

Pada kesempatan itu, Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto, berkesempatan memberikan arahan kepada tujuh narapidana yang akan menjalani program Asimilasi di rumah seraya menyampaikan tujuan, ketentuan, dan konsekuensi bila melanggar program Asimilasi di rumah. “Kalian belum dinyatakan bebas, hanya menjalani pidana di rumah sebagai pencegahan COVID-19. Tetap patuhi protokol kesehatan dan ikuti ketentuan yang berlaku. Apabila melanggar ketentuan, maka kami akan melakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di rumah dan kalian akan masuk Lapas kembali,” tegasnya.

Agung meminta jajarannya terus menyosialisasikan dan memberikan layanan secara maksimal atas implementasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021. “Pahami aturan dengan saksama, tetap teliti dalam prosesnya, lakukan konsultasi, koordinasi, kolaborasi dengan baik, berikan layanan terbaik kepada narapidana dan keluarganya, serta jaga martabat petugas Pemasyarakataan dengan tidak melakukan pungutan apapun karena semua layanan di lapas Sampit tidak dipungut biaya,” pesannya.

Selanjutnya, para narapidana juga mendapat arahan dari PK Bapas Sampit tentang ketentuan, larangan, dan tata cara pelaporan selama menjalani Asimilasi di rumah. Mereka berterima kasih atas terselenggaranya program ini dan berjanji akan mematuhi ketentuan selama menjalani Asimilasi di rumah. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0