Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2019 Pastikan Netralitas Jajaran Pemasyarakatan

Share:

Ambon, INFO_PAS – Jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku menggelar apel siaga pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Senin (15/4) di Lapangan Upacara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon. Bertindak selaku pembina apel adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan Maluku, Frans Elias Nico.

“Apel siaga ini kita laksanakan untuk memastikan kesiapan petugas dalam penyelenggaraan pemilu karena sebagaian besar lapas dan rumah tahanan negara (rutan) dijadikan Tempat Pemungutan Suara,” kata Nico.

Dalam arahannya, Nico mengimbau seluruh jajaran Pemasyarakatan agar dapat memposisikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dimana dalam hal politiknya diikat oleh ketentuan yang berlaku.

“Kita diikat oleh aturan dan ketentuan sebagai seorang ASN. Oleh sebab itu, jangan lakukan hal-hal yang dapat mencoreng nama baik instansi kita. Setiap orang bebas menentukan pilihan politiknya, namun harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Nico.

apel siaga jajaran PAS se-Ambon

Lebih lanjut, Nico menegaskan seluruh jajaran Pemasyarakatan agar dapat menjaga netralitas dan memastikan pelaksanaan pemungutan suara di lapas/rutan berjalan aman dan tertib. “Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis harus memastikan setiap Warga Binaan Pemasyarakatan dapat memberikan hak suaranya secara bebas tanpa ada paksaan. Jaga netralitas petugas,” tegasnya.

Pelaksanaan apel siaga diikuti oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan se-Pulau Ambon meliputi Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku, Lapas Ambon, Lapas Perempuan Ambon, Rutan Ambon, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Ambon, Balai Pemasyarakatan Ambon, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Ambon. Kegiatan serupa dilaksanakan di satuan kerja lain di luar Pulau Ambon.

Seluruh jajaran yang hadir pada apel tersebut bertekad penyelenggaraan pemungutan suara di lapas/rutan akan berlangsung aman, tertib, dan netral ditandai dengan penyematan pita merah di lengan kiri sebagai tanda kesiapan.

 

 

Kontributor: Kevin L.

Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2019 Pastikan Netralitas Jajaran Pemasyarakatan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya