Asyik! Anak LPKA Kutoarjo Berlatih Sablon

Share:

Kutoarjo, INFO_PAS – Sebanyak 20 Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo yang telah mengikuti tahap asesmen atau penjaringan mengikuti pelatihan sablon bekerja sama dengan pelaku bisnis usaha Unit Kecil Menengah (UKM) sablon di Kabupaten Purworejo mulai Senin (17/6). Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Pembinaan, Rini Astuti, mewakili Kepala LPKA Kutoarjo.

“Saya berharap seluruh Anak dapat belajar dengan sungguh-sungguh agar menjadi bekal keterampilan dan momentum dalam mempersiapkan diri mampu mandiri dan lebih produktif setelah selesai menjalani masa pembinaan di LPKA Kutoarjo,” harap Rini.

Pada kesempatan itu, narasumber pelatihan yang merupakan salah satu pelaku bisnis usaha UKM sablon di Kabupaten Purworejo, Ichfan Muchlis, memaparkan pentingnya keterampilan sablon. Dengan keterampilan sablon, nantinya Anak bisa lebih percaya diri akan kemempuan diri, bisa bekerja di bidang sablon, atau bahkan menjadi pelaku bisnis muda dalam bentuk home industry sablon di desa.

Pembersihan film sablon

“Lupakan dan buanglah jauh-jauh masa hitam adik-adik yang telah lalu. Marilah bangkit untuk menjelang masa depan yang lebih baik dengan menjadi Anak yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” pesan Ichfan.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan, Suprayitno membeberkan dalam pelatihan ini Anak LPKA Kutoarjo diajak untuk mempelajari proses sablon mulai dari pembuatan screen, desain, afdruk, hingga desain siap dipindahkan ke media kaos. Hari pertama pelatihan, Anak LPKA Kutoarjo dibekali teknik dan proses sablon.

“Rencananya pelatihan ini akan digelar hingga Sabtu (22/6) mendatang,” terang Supriyatno.

Para peserta terlihat antusias selama mengikuti pelatihan. Salah satu peserta berinisial UA mengungkapkan sangat senang bisa mengikuti pelatihan sablon. Ia berharap usai menjalani masa pembinaan bisa bekerja di bidang sablon dan apabila sudah memiliki modal cukup bercita-cita mendirikan percetakan sablon sendiri.

 

 

Kontributor: Dedy Winarto

Asyik! Anak LPKA Kutoarjo Berlatih Sablon | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya