Bantuan Buku & Al Quran Bantu Pembinaan WBP Rutan Bantaeng

Share:

Bantaeng, INFO PAS – Menindaklanjuti kerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantaeng bergerak cepat dengan mengajukan proposal kepada PT Gramedia Cabang Makassar terkait bantuan buku-buku bacaan bagi Sudut Baca Cahaya Seruni bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Bantaeng.

Sebelumnya, sebagai sesama anggota Sepeda Lipat Makassar (SLiM), Kepala Rutan (Karutan) Bantaeng dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng berkolaborasi untuk membangun dan memperkuat Sudut Baca Cahaya Seruni Rutan Bantaeng sebagai bagian dalam upaya untuk membentuk dan membangun karakter pemuda Bantaeng khusunya yang sedang menjalani pidana.

Menurut Karutan Bantaeng, Muhammad Ishak, pembangunan karakter bangsa bisa dimulai dengan membangun karakter dari pemuda itu sendiri. “WBP menjalani pidana di Rutan Bantaeng menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara yang harus dibangun karakternya agar setelah bebas mereka bisa menjadi tulang punggung pelaksanaan pembangunan, baik di Bantaeng maupun dalam skala nasional,” tuturnya, Jumat (13/7).

Menurutnya, membaca akan membuka wawasan yang luas dan akan dapat membentuk karakter WBP ke arah yang lebih baik. Bantuan buku dari PT Gramedia yang difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga dan SLiM diharapkan akan memperkuat Sudut Baca Seruni Rutan Bantaeng.

“Tambahan buku-buku baru diharapkan membawa cahaya dan harapan baru bagi petugas dan WBP sebagai pengunjung tetap Sudut Baca Cahaya Seruni,” harap Ishak.

bantuan untuk pembinaan Rutan Bantaeng

Sementara itu, Yoyok sebagai perwakilan dari PT Gramedia Cabang Makassar mengatakan pihaknya mendukung Sudut Baca Cahaya Seruni Rutan Bantaeng. “Kami telah menyerahkan 300 eksemplar buku bacaan pada Minggu (8/7) lalu agar bisa dibaca oleh WBP dan menambah wawasan mereka. Semoga bisa bermanfaat untuk kegiatan pembinaan WBP Rutan Bantaeng,” ujarnya.

Ketua SLiM, Yuli Priyono, mengatakan kerja sama yang dilakukan ini menyambut Jambore Sepeda Lipat Nasional 8 yang akan dilaksanakan di Makassar Bulan September 2018. “Ini bentuk apresiasi minat baca untuk semua kalangan,” tutur Yuli.

Menanggapi kerja sama bantuan buku tersebut, Syahrul Bayan selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bantaeng berharap semoga kolaborasi ini bisa meneguhkan semangat gerakan literasi pelbagai kalangan di Bantaeng semakin nyata.

Selain bantuan buku bacaan, Rutan Bantaeng juga menerima 40 eksemplar Al Quran  dari Pondok Tilawah Makassar. “Semoga bantuan kecil ini bisa membantu program pembinaan keagamaan di Rutan Bantaeng,” harap pemimpin dari Pondok Tilawah Makassar, Ustad H. Muammar Tahir.

Harapan serupa diutarakan Karutan Bantaeng. “Semoga ini bisa bermanfaat dalam membantu pelaksanaan pembinaan di Rutan Bantaeng untuk pembangunan karakter bagi para pemuda dan warga Bantaeng pada umumnya dan WBP pada Rutan Bantaeng pada khususnya,” harap Ishak.

 

 

Kontributor: Rutan Bantaeng

Bantuan Buku & Al Quran Bantu Pembinaan WBP Rutan Bantaeng | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya