Bapas Balikpapan Jajaki Kerja Sama Bimbingan Klien dengan BNNK Balikpapan

Share:

Balikpapan, INFO_PAS – Jajaran Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Balikpapan menyambangi Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan untuk melakukan penjajakan kerja sama, Senin (14/1). Dalam kesempatan ini, Bapas Balikpapan yang diwakili oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Bimbingan Klien Anak, Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa, serta satu Pembimbing Kemasyarakatan disambut oleh Kepala BNNK Balikpapan, Kompol Muhammad Daud, beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa Bapas Balikpapan, Fera, menuturkan secara rinci tugas dan fungsi bapas serta maksud dan tujuan kedatangan mereka ke BNNK Balikpapan.

“Sebanyak 65-75% klien Bapas Balikpapan merupakan pelaku tindak pidana narkotika. Selebihnya merupakan tindak pidana umum dan tidak menutup kemungkinan mereka yang terlibat tindak pidana narkotika akan kembali mengulangi perbuatannya setelah menjalani program integrasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubsi Bimbingan Klien Anak, Siti Maimunah, menuturkan bahaya penyalahgunaan narkotika saat ini telah mencapai tahap yang mengkhawatirkan. Klien yang dulunya tidak mengenal narkotika bisa saja menjadi pengguna, bahkan pengedar setelah terkontaminasi dengan lingkungan sekitarnya.

“Kami ingin menjalin kerja sama dengan BNNK Balikpapan dalam program pembimbingan klien Bapas Balikpapan agar mereka yang sedang menjalani pembimbingan dan pengawasan bapas mendapat banyak pengetahuan tentang bahaya narkotika,” jelasnya.

kunjungan ke BNNK Balikpapan

Kedatangan jajaran Bapas Balikpapan pun mendapat respon positif dari Kepala BNNK Balikpapan, Kompol Muhammad Daud. “Kami siap untuk bekerja sama dalam segala bentuk pencegahan dan penindakan penyalahgunaan narkotika di lingkungan Kota Balikpapan. Apalagi klien Bapas Balikpapan merupakan warga masyarakat Kota Balikpapan yang harus kita lindungi bersama dari bahaya narkotika ini,” janji Daud.

Kedua belah pihak berharap kerja sama ini dapat terjalin baik karena memiliki tujuan yang sama untuk membantu memulihkan hidup, kehidupan, dan penghidupan klien Pemasyarakatan, khususnya yang berada di wilayah Kota Balikpapan, agar dapat berintegrasi dan berkontribusi di masyarakat. Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, kedepannya akan diadakan pembahasan  rencana pelaksanaan yang lebih bersifat teknis antara Bapas Balikpapan dengan BNNK Balikpapan agar dapat disinergikan dengan rencana kerja masing masing.

 

 

Kontributor: Bapas Balikpapan

Bapas Balikpapan Jajaki Kerja Sama Bimbingan Klien dengan BNNK Balikpapan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya