Bapas Jakbar Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Jakbar

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Jajaran Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Barat menyambangi Kantor Wali Kota Jakarta Barat untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat, Rabu (5/12). Dalam kesempatan ini, Bapas Jakarta Barat diwakili oleh enam pejabat struktural, lima Pembimbing Kemasyarakatan (PK), dan empat Calon Pegawai Negeri Sipil PK.

Kunjungan ini untuk memenuhi undangan Walikota Jakarta Barat sebagai tindak lanjut audiensi yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 10 Oktober 2018. Turut hadir kepala suku dinas, camat/sekretaris camat, dan Kepala Bagian Hukum, Didit Sumaryanta, dengan dipimpin oleh Asisten Pemerintahan, Denny Ramdany.

Fokus pembahasan dalam perundingan ini adalah bentuk program kerja sama yang hendak dijalin Bapas Jakarta Barat dengan Pemkot Administrasi Jakarta Barat. Berdasarkan data yang dimiliki Bapas Jakarta Barat, jumlah klien dewasa dan Anak yang berada di wilayah Jakarta Barat per Oktober 2018 berjumlah 1.110 klien yang tersebar di delapan kecamatan dimana lebih dari 68% klien adalah pelaku tindak pidana narkotika.

“Kami ingin menjalin kerja sama dengan suku dinas terkait program penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar, sosialisasi pencegahan dan penanganan tindak pidana oleh Anak, pelatihan keterampilan kerja, penyaluran tenaga kerja, dan pemberian modal usaha bagi klien Pemasyarakatan,” tutur Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapas Jakarta Barat, Wahyu Nur Cahya.

Pihak Pemkot Jakarta Barat melalui Denny Ramdany pun siap membantu pemberdayaan klien Pemasyarakatan yang notabenenya merupakan warga Jakarta Barat. “Koordinasi secara intens dengan pemkot dan suku dinas terkait  yang dilakukan secara intens akan lebih efektif untuk mewujudkan kerjasama antara kedua pihak,” tuturnya.

Kedua belah pihak berharap kerja sama ini dapat terjalin baik karena memiliki tujuan yang sama untuk membantu memulihkan hidup, kehidupan, dan penghidupan klien Pemasyarakatan, khususnya yang berada di wilayah Jakarta Barat, agar dapat berintegrasi dan berkontribusi di masyarakat. Dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut, kedepannya akan diadakan pembahasan  rencana pelaksanaan yang lebih bersifat teknis dengan suku dinas terkait agar dapat disinergikan dengan rencana kerja setiap suku dinas.

 

 

Kontributor: Yudha Paradana

Bapas Jakbar Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot Jakbar | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya