Bapas Mataram Pantau Klien Anak di PSMP Paramitha

Share:

Mataram, INFO_PAS –Balai Pemasyarakatan (Bapas) Mataram terus melakukan pemantauan kegiatan klien Anak yang ditempatkan di Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Paramitha, Jumat (21/12) sore. Pemantauan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas pengawasan Bapas Mataram melalui Pembimbing Kemasyarakatan (PK) sesuai amanat negara yang tercantum dalam Undang-Undang RI No.11 Tahun 2012.

Bapas Mataram melakukan pengawasan terkait pelaksanaan pelatihan kerja klien Anak mengingat pelatihan kerja merupakan bagian dari pelaksanaan saksi pidana yang wajib dijalankan bagi klien Anak.

Kepala Bapas Mataram, Sudirman, menyampaikan bentuk pengawasan yang dilakukan PK meliputi pemantauan perkembangan pelatihan kerja yang diberikan kepada klien Anak yang ditempatkan untuk mendapatkan pelatihan kerja di PSMP Paramitha.

“Pengawasan pelatihan kerja ini merupakan tugas bersama antara Bapas Mataram dan PSMP Paramitha,” ujar Sudirman.

Lebih lanjut, ia menuturkan pelaksanaan maupun pengawasan klien Anak yang mendapatkan pelatihan kerja tersebut merupakan tugas yang membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik antara Bapas Mataram dengan PSMP Paramitha. Apalagi klien Anak yang mendapatkan pelatihan kerja di PSMP masih berada dibawah pengawasan Bapas Mataram.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial PSMP Paramitha, Samsul Hilal, menjelaskan anak-anak yang mendapatkan pembinaan di PSMP Paramitha sebagian besar tengah berhadapan dengan hukum.

“Mereka diberikan pelatihan kerja yang meliputi empat bidang seperti otomotif, pertukangan, las, dan sablon,” jelasnya.

Setelah menjalani pelatihan kerja, lanjut Samsul, anak-anak tersebut akan diberikan kesempatan belajar di luar panti melalui program magang. Program ini diberikan kepada anak-anak yang dinilai telah menguasai materi yang diberikan sekaligus telah menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

“Dalam program magang, kami menggandeng pihak ketiga yang memang sudah sejak lama menjalin kerjasama dengan pihak PSMP Paramitha,” jelas Samsul.

Terkait dengan pelatihan kerja, Samsul berharap Bapas Mataram terus menjalin koordinasi dengan pihaknya sehingga program yang diberikan kepada anak-anak tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal.

“Semoga kedepannya kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik melalui peningkatan kualitas pelaksaan program-program bersama ini,” harap Samsul.
Kontributor: Bapas Mataram

Bapas Mataram Pantau Klien Anak di PSMP Paramitha | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya