Bapas Watampone Gelar Kegiatan “PK Menginspirasi”

Share:

Watampone, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Watampone menggelar kegiatan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Menginspirasi bertema “Generasi Milenial, Generasi Bermoral, Taat Aturan, Menuju Bangsa Berdaulat”, Selasa (30/4). Bertempat di SMA Negeri I Watampone, kegiatan ini digelar sebagai pengejewantahan misi Bapas Watampone sebagai institusi pencegahan kejahatan dikalangan remaja dan anak.

Kegiatan PK Menginspirasi diikuti oleh seluruh siswa kelas 2 SMA Negeri 1 Watampone dan 12 PK Bapas Watampone dari pelbagai jenjang sebagai narasumber di 7 kelas berbeda. “Bapas memiliki fungsi pendampingan terhadap Anak yang melakukan tindak pidana untuk mencegah tindak pidana pada kalangan remaja yang cukup memprihatinkan,” tutur Kepala Bapas Watampone, Andy Gunawan, saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan Wilayah III Sulawesi Selatan dan SMA Negeri I Watampone. Para siswa sangat antusias saat sesi tanya jawab berlangsung bersama para petugas PK bapas.

kegiatan PK Menginspirasi

“Adik-adik sekalian jangan sampai berhubungan dengan kami (bapas) sebab bila sampai itu terjadi artinya adik-adik tengah berhadapan dengan hukum,” tutur Suti, salah satu PK Bapas Watampone.

PK Bapas Watampone lainnya, Wiwi, menjelaskan tindak pidana paling dekat dengan remaja antara lain perisakan, narkoba, dan media sosial. “Kalian sebagai pelajar harus bijak berperilaku dan bermedia social,” ungkapnya.

Selain untuk menginspirasi dan mencegah kejahatan remaja, kegiatan ini bertujuan memberi edukasi kepada anak terkait peran bapas. “Kalau ada teman kalian atau siapapun itu yang bermasalah dengan hukum dan diperiksa oleh pihak berwenang, minta kepada pihak tersebut untuk menghubungi PK Bapas setempat agar kami dampingi dan mencari solusi terbaik,” ungkap Abd. Ghofur, narasumber lainnya.

Kegiatan ini rencananya akan terus berlanjut dan menyambangi sekolah-sekolah di wilayah kerja Bapas Watampone sebagai wujud nyata tindakan preventif kejahatan pada remaja dan anak.

 

 

Kontributor: Fachrurrozy Akmal

Bapas Watampone Gelar Kegiatan “PK Menginspirasi” | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya