Bapas Yogyakarta Optimis Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2017

Share:

Yogyakarta, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta optimis bisa mencapai penyerapan anggaran hingga lebih dari 96% hingga akhir tahun 2017. Hal ini diutarakan Kepala Bapas Yogyakarta, M. Ali Syeh Banna, saat memaparkan progress keberhasilan bapas yang dipimpinannya dalan acara Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Tahun 2017 dan Penetapan Kinerja Tahun 2018 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta tangal 28-29 November 2017.

“DIPA Bapas Yogyakarta di tahun 2017 sebesar 4.548.238.000 dan penyerapan sampai dengan awal November 2017 sebesar 3.970.184.117 atau setara 87,29%. Diperkirakan sampai dengan akhir 2017 penyerapan anggaran akan mencapai 96,41%. Ini adalah optimisme kami dalam melaksanakan tugas,” tutur Ali.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan produk unggulan Bapas Yogyakarta, yaitu layanan publik berbasis komputerisasi dimana setiap orang diharapkan mampu mengakses komputer yang ada di ruang lobi bapas serta mendapatkan seluruh informasi yang ada, informasi publik yang meng-update berita-berita yang melalui website Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, blog, serta media sosial Bapas Yogyakarta.

Terakhir adalah program “1 klien 1 kemampuan” yang merupakan program peningkatan mutu sumber daya manusia klien Pemasyarakatan melalui pelatihan-pelatihan kemandirian seperti pelatihan hidroponik, tabulampot, pelatihan terapi doa, pelatihan mengemudi, pembuatan telur asin, angkringan, pdan rogram Bapas Expo.

Ada pula program kerja sama dengan instansi luar seperti rehabilitasi klien narkoba dengan Institusi Penerima Wajib Lapor Siloam, Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, program pelatihan dengan peemrintah kota, dll, serta meningkatkan kualitas iman dari klien Pemasyarakatan dengan mengedepankan bimbingan kepribadian,kerohanian, dan kekeluargaan.

“Dengan tiga program unggulan ini, kami berharap mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk seluruh masyarakat Indonesia, terkhusus di wilayah Yogyakarta. “Kami percaya kami bisa karena awal kemampuan berawal dari kemauan, kemauan untuk berubah menjadi lebih baik lagi, dan lebih baik lagi,” harap Ali.

Sebagai informasi, Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Tahun 2017 ini diisi dengan paparan program keberhasilan dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Ada pula paparan dari seluruh bidang pada Kanwil Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta serta Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual.

 

 

Kontributor: Bapas Yogya

Bapas Yogyakarta Optimis Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2017 | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya