Berdayakan WBP, Karutan Manado Dorong Pembersihan Rutan

Berdayakan WBP, Karutan Manado Dorong Pembersihan Rutan

Manado, INFO_PAS - Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIA Manado, Yusep Antonius, langsung membuat gebrakan pasca dilantik. Bersih-bersih Rutan Manado menjadi prioritas awal, yakni membersihkan branggang sepanjang selokan yang selama ini mampet serta memaksimalkan potensi lahan tidur untuk dimaksimalkan kegunaannya.

Kegiatan diawali dengan pengarahan Karutan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang melaksanakan bersih-bersih. Yusep didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Bimbingan Kegiatan serta dilakukan penyerahan alat kebersihan.

Pada Rabu (22/1) pagi juga telah dibentuk tim kecil yang langsung bergerak melakukan pembersihan menyeluruh di branggang. “Prioritas utama adalah melakukan pembersihan di branggang, perbaikan drainase, memperlancar saluran air pembuangan, serta pematangan lahan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam apa saja,” tutur Karutan.

Ia meminta tim tersebut bekerja dengan baik, tekun, dan tetap semangat. Apalagi mereka dilengkapi dengan peralatan bekerja yang lengkap, topi kerja, kaos, dan sepatu boot. Bekerjalah dengan serius,” pesan Yusep.

Setelah pembersihan branggang rampung, akan dilakukan pula pembasmian tikus yang selama ini cukup mengganggu dibawah tanggung jawab Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Sonny Abram Gumansalangi. Setelah semua rampung, diserahkan pemanfatannya kepada Kasubsi Bimbingan Kegiatan, Arjun Djuma Okong, dengan melibatkan personil Kesatuan Pengamanan Rutan dan Bimbingan Kerja, Ricko Wendur dan Meliko Pangemanan dan Lucky Lumenta.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Manado yang menjadi koordinator lapangan, Eddyson Thomas, menjelaskan ada tiga tahap yang dikedepankan, yaitu pembersihan halaman, normalisasi saluran, dan pematangan lahan untuk areal perkebunan. Lama kerja sesuai target adalah 14 hari,ujarnya.

Adapaun untuk pemanfaatannya, menurut pendamping teknis, Ferdinand Tangkudung dan Jhon Mantiri, akan diserahkan ke Rutan Manado untuk melihat mana yang terbaik setelah lahan rampung.

 

 

Kontributor: Rutan Manado

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0