Bimbingan Kepribadian Memotivasi Klien Bapas Madiun

Share:

Madiun, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Madiun menggelar bimbingan kepribadian bertema “Adakah Manusia Yang Gagal Menjadi Manusia,” Rabu (15/3). Kegiatan ini dihadiri 45 klien Bapas Madiun dan dibuka oleh Kepala Bapas Madiun, Ardius. “Semoga kegiatan ini mempunyai manfaat besar untuk klien dalam kehidupan bermasyarakat,” pesan Ardius saat membuka kegiatan.

Pada acara tersebut, ia memberikan motivasi kepada klien untuk menyakini bahwa apa yang terjadi pada diri kita adalah pemberian yang terbaik dari Allah SWT dan harus meyakininya meskipun kadang terlihat buruk di mata kita.

“Justru hal tersebut terjadi karena Allah sayang dengan kita. Bisa jadi kejadian buruk yang menimpa kita itu justru akan merubah kita menjadi manusia dengan kualitas yang lebih baik. Tunjukkan bahwa meski kita orang yang pernah dihukum, hal tersebut membuat jati diri kita menjadi lebih baik,” ajak Ardius.

“Berbuatlah yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, maupun bangsa dan negara. Pelajarilah lebih dalam tentang agama, cara hidup yang benar dalam bersosialisasi, bahkan jadikan diri kita menjadi panutan yang baik di masyarakat sehingga kehadiran kita menjadi nilai tersendiri untuk warga dan tidak menimbulkan keresahan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Agus Purwanto selaku tim Analisa dan konseling klien juga memberikan motivasi kepada para klien. Ia meminta mereka jangan pernah gagal menjadi manusia, yakni manusia yang hidup dalam sangkar dan tidakmau berubah kea rah yang lebih baik.

“Manusia seperti itu tidak dapat disebut sebagai manusia karena ia tidak hidup dan tidak berguna bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, maupun bangsa dan negara,” imbuhnya.

Agus juga meminta para klien agar menanamkan hal positif dalam pikiran mereka sehingga tercipta pula hal-hal baik dan positif yang dapat merubah hidup ke arah yang jauh lebih baik. “Pikiran yang positif akan menurunkan perilaku yang positif juga. Berhati-hatilah dalam berpikir dan tanamkanlah hal-hal positif ke dalam pikiran sehingga akan berimbas pada perilaku yang positif pula,” pungkasnya.

 

 

Kontributor: Bapas Madiun

Bimbingan Kepribadian Memotivasi Klien Bapas Madiun | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya