Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Watampone Buat Pintu Putar

Share:

Watampone, INFO_PAS – Suatu inovasi coba diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Watampone dalam upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib). Inovasi tersebut berupa pembuatan pintu putar sebagai penghubung dan pembatas antara blok hunian dengan area steril gedung utama perkantoran.

Saat meninjau pembuatan pintu putar, Kamis (10/1) Kepala Lapas Watampone, Lukman Amin, menjelaskan ini adalah bentuk antisipasi dini dalam upaya pencegahan gangguan kamtib secara massal yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta tindak lanjut atas perintah dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengenai penciptaan situasi kamtib yang kondusif di dalam lapas.

“Dengan model pintu seperti ini yang secara teknis hanya dapat dilalui oleh tiap orang satu persatu secara bergantian diharapkan dapat mempermudah petugas dalam mengontrol serta menjadi pembatas gerak dari WBP jika seandainya ada upaya untuk melakukan  penyerobotan ke gedung utama perkantoran,” harapnya.

pembuatan pintu putar

Pengerjaan pintu putar tersebut dilakukan oleh salah seorang staf Kesatuan Pengamanan Lapas Watampone, Amar Maruf, dengan memberdayakan para WBP yang telah mengikuti dan memperoleh sertipikat kompetensi kejuruan las listrik oleh Lembaga Latian Kerja Kabupaten Bone.

“Pintu putar yang kami kerjakan hari ini, terkait teknis dan desainnya, sudah dibicarakan dengan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas dan telah mendapat persetujuan,” ucap Amar.

Rencananya, dalam beberapa hari pembuatan dan pemasangan pintu putar ini akan segera dirampungkan.

 

 

Kontributor: A Yudistira

Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Watampone Buat Pintu Putar | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya