Cegah Kebakaran, Lapas Lakukan Pemeriksaan Instalasi Listrik

Cegah Kebakaran, Lapas Lakukan Pemeriksaan Instalasi Listrik

Pamekasan,  INFO_PAS Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan gerak cepat melakukan pengecekan instalasi listrik di Lapas tersebut sebagai deteksi dini untuk mencegah terjadinya hubungan pendek arus listrik, Senin (13/9). Tak hanya pemeriksaan dan penertiban jaringan arus listrik di seluruh blok hunian, dapur dan ruang sarana kerja atau bengkel kerja juga dipasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang baru.

 

Sohibur Rachman selaku Kepala Lapas Narkotika Pamekasan menjelaskan dari hasil pengecekan petugas tidak didapati terminal listrik di dalam kamar hunian selain lampu kamar dan terdapat kabel yang sudah tidak layak dan fitting yang rusak sehingga perlu penggantian kabel agar tidak terjadi arus pendek yang berpotensi menyebabkan kebakaran. "Pengecekan instalasi ini akan kami lakukan secara berkala sehingga tidak terjadi potensi kebakaran yang dapat menimbulkan keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Pamekasan," kata Sohibur.

 

Selanjutnya, pihak Lapas juga akan lakukan koordinasi dengan Aparat Penegak Hukum terkait jika terjadi situasi yang tidak diinginkan di Lapas Narkotika Pamekasan.

 

Pengecekan instalasi listrik juga dilakukan jajaran Lapas Kelas IIA Cilegon bersama dengan PLN Kota Cilegon guna mencegah kebakaran akibat korsleting, Senin (13/9). Pegawai PLN Cilegon langsung mengecek panel-panel listrik yang berada di luar maupun di dalam Lapas.

 

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Muhamad Khapi, mengatakan pengecekan instalasi listrik ini sebagai upaya Lapas Cilegon terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang. Selain itu, tim PLN mengukur penggunaan kabel dan daya listrik di setiap Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan agar tidak terjadi gangguan keamanan arus listrik yang berlebihan.

 

“Kami dan tim PLN memastikan tidak ada arus listrik di setiap panel yang berlebihan karena hampir tiga kali sering terjadi gangguan listrik sehingga menyebabkan pemadaman aliran listrik di sini,” kata Khapi.

 

Menurutnya, jika kabel tersebut sudah tidak memenuhi syarat akan menjadi target penggantian. "Jika masih memenuhi syarat, dicoba untuk diruntut saja, apakah ada titik yang berpotensi bermasalah. Rata-rata kabel di Lapas memang berantakan, nanti kami coba usulkan untuk perbaikan,” tambah Khapi.

 

Sebagai upaya antisipasi, pihaknya juga akan memotong kabel-kabel yang melebihi kapasitas supaya tidak terjadi arus pendek. Kendati demikian, pengaturan jalur instalasi kabel harus lebih diantisipasi agar tidak terjadi arus pendek yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.

 

 

 

Kontributor: LPN Pamekasan, Lapas Cilegon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0