Cegah Pelarian WBP, Rutan Masohi Rutinkan Rolling Gembok

Cegah Pelarian WBP, Rutan Masohi Rutinkan Rolling Gembok

Masohi, INFO_PAS - Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Masohi, Bayu Muhammad, memerintahkan jajaran keamanan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan serta rolling kunci gembok blok dan kamar hunian secara berkala dan kerkesinambungan, Senin (20/9). Karutan menyampaikan hal ini dilakukan sebagai bentuk deteksi dini guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan keteriban (kamtib), yakni meminimalisir pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Pemeriksaan ini dilakukan secara berkala setiap tiga bulan sekali sebagai upaya deteksi dini gangguan kamtib. Pastikan tidak ada gembok dan kunci yang rusak. Rolling gembok dan kunci juga tidak lupa dilakukan supaya tidak ada penduplikatan kunci oleh oknum-oknum tertentu," ujar Bayu. 

Pelaksana Harian Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Hakim Abdul Gani, menjelaskan rolling gembok merupakan kegiatan yang dilakukan dengan mengganti posisi kunci dan gembok pada blok hunian agar WBP tidak mengetahui posisi gembok yang sebenernya. Bila rutin lakukan rolling, otomatis WBP tidak tahu posisi kunci dan gembok yang sebenernya sehingga risiko gangguan kamtib dari pelarian yang berhubungan dengan gembok kamar hunian dapat diminimalisir.

Pemeriksaan dan perawatan kunci gembok dilakukan dengan penyemprotan untuk membersihkan, melindung, melonggarkan, serta melepaskan bahan-bahan yang kotor dan berkarat. "Dari hasil pemeriksaan dan perawatan, tidak ada gembok dan kunci yang mengalami kerusakan, namun ada beberapa yang sudah mengalami karatan dan keras, tetapi sudah dibersihkan dan dapat difungsikan kembali," terang Gani. (IR)

 

 

Kontributor: Rutan Masohi

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0