Ciptakan Lingkungan Bersih, Lapas Polewali Difogging

Share:

Polewali, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Polewali dipenuhi asap fogging, Jumat (12/7) pagi. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan karena banyaknya penghuni di lapas dan situasi lingkungan yang tidak bersih

Terlaksananya kegiatan ini berkat dukungan dan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Polewali Mandar. “Hari ini kami laksanakan fogging di seluruh titik lapas, terutama tempat yang riskan menjadi tempat perkembangbiakan dan pertumbuhan nyamuk seperti kamar hunian, sumur, dan selokan,” terang Kepala Sub Seksi Perawatan Lapas Polewali, Ilyas.

Pada kesempatan itu hadir pula Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Polewali Mandar, H. Arfah, beserta tim yang terdiri dari dua petugas pengasapan dan dua pengawas.

Fogging sendiri dilakukan pada area yang dianggap riskan menjadi wadah berkembangnya nyamuk seperti beluruh blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), seluruh ruang petugas, sumur, selokan, dan saluran air, kamar mandi, tempat sampah dan jemuran, branggang dan pos menara, serta taman dan ruang besukan.

fogging di Lapas Polewali

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Lapas Polewali, I Wayan Nurasta Wibawa, menjelaskan ini merupakan tindakan pencegahan agar WBP tidak terjangkit virus yang disebabkan nyamuk.

Fogging ini agar kesehatan WBP tetap terjaga sehingga tidak ada lagi WBP yang dilarikan ke rumah sakit,” ujar Wayan.

Saat ini, jumlah WBP Lapas Polewali berjumlah 314 orang, sedangkan jumlah penjagaan sebanyak tujuh orang. Langkah pencegahan ini sejalan dengan upaya agar keamanan lapas terjaga sebab jika harus melihat situasi saat ini, jumlah penjaga dan WBP tidak seimbang. Ketika terdapat WBP yang sakit dan dirawat di rumah Sakit akan mengakibatkan personel penjagaan pun akan berkurang sehingga pencegahan harus terus ditingkatkan.

 

 

Kontributor: Lapas Polewali

Ciptakan Lingkungan Bersih, Lapas Polewali Difogging | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya