Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Counseling Skills, Tajuk Utama Seminar Pembimbingan & Pendampingan Klien PAS dalam Perspektif Psikologi

Share:

Makassar_INFO_PAS – Minimnya pemahaman terkait metode komunikasi yang tepat terhadap Klien Pemasyarakatan dalam proses pembimbingan masih menjadi keresahan spetugas Pembimbing Kemasyarakatan (PK), khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Isu ini menjadi acuan dalam pelaksanaan seminar bertajuk “Pembimbingan dan Pendampingan Klien Pemasyarakatan dalam Perspektif Psikologi” di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (31/7).

Seminar ini diselenggarakan oleh Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai upaya penguatan kompetensi dan kapabilitas para petugas, khususnya pola komunikasi yang tepat agar terbangun relasi emosional petugas dan klien yang efektif.

“Dalam beberapa evaluasi di lapangan, kami melihat sebagian petugas belum memahami pola komunikasi yang tepat terhadap klien. Padahal PK memiliki peran ayaknya konselor dalam pelaksanaan tugas. Oleh karena itu, pola komunikasi adalah salah satu kunci utama dalam keberhasilan kinerja.” tutur Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar, Alfrida.

Sementara itu, Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan, Priyadi, memberikan apresiasi positif atas pelaksanaan kegiatan seminar.

seminar “Pembimbingan dan Pendampingan Klien Pemasyarakatan dalam Perspektif Psikologi”

“Salah satu ciri dari perkembangan negara modern adalah prinsip pembagian kerja dalam pola organisasi dan muaranya adalah spesialisasi. Untuk itu, spesialisasi ini harus ditingkatkan dengan membangun Memorandum of Understanding dengan perguruan tinggi yang memiliki kapasitas dengan bidang terkait. Sebuah terobosan positif dari IPKEMINDO Sulawesi Selatan,” pujinya.

Selaku inisator, Ketua IPKEMINDO Sulawesi Selatan, Andi Marwan, menjelaskan seminar ini menjadi bagian dari program kerja IPKEMINDO. “Sebagai organisasi profesi, kami bertanggung jawab untuk peningkatan kualitas dan kapasitas para PK, khususnya wilayah Sulawesi Selatan, serta suatu anugerah bagi kami karena Kakanwil memiliki latar belakang PK dan ahli di bidang tersebut,” ucapnya.

Seminar ini menghadirkan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan sebagai Keynote Speaker dan Dosen Psikologi UNM, Widyastuti, serta Perdana Kusuma sebagai narasumber. Kedua narasumber masing-masing memaparkan materi terkait Basic Counseling Skills dan Body Language.

Salah satu rekomendasi sebagai output dari kegiatan seminar ini adalah tersedianya ruang khusus yang kondusif di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara untuk pembimbingan dan pengambilan data terhadap klien. Atas permintaan tersebut, Kakanwil memberikan respon positif.

Peserta seminar pada kegiatan ini sejumlah 140 orang, terdiri dari para Kepala Divisi, Kepala Unit Pelaksana Teknis lingkup Kota Makassar, serta pejabat struktural dan PK se-Sulawesi Selatan.

 

 

Kontributor: Moch. Fauzan Zarkasi

Counseling Skills, Tajuk Utama Seminar Pembimbingan & Pendampingan Klien PAS dalam Perspektif Psikologi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya