CPNS Kemenkumham Maluku Ikuti Seminar Hasil Aktualisasi

CPNS Kemenkumham Maluku Ikuti Seminar Hasil Aktualisasi

Ambon, INFO_PASDua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Ambon mengikuti Seminar Hasil  Aktualisasi Pelatihan Dasar (Latsar) Senin (6/12). Keduanya mengikuti kegiatan secara daring mulai pukul 09.00 WIT di ruang rapat staf Lapas Perempuan Ambon.

Para peserta mempresentasikan program aktualisasi yang telah diimplementasikan di Lapas Perempuan Kelas III Ambon dan memaparkan hasil aktualisasinya di hadapan penguji, coach, dan mentor.

 

Rajab Renwarin selaku peserta pertama yang melakukan presentasi dengan judul Prosedur Penggunaan Alat Keamanan dan Ketertiban Melalui Demonstrasi Media Tulis pada Lapas Perempuan Ambon mengaku senang karena bisa melakukan presentasi hasil aktualisasi dengan baik. Selanjutnya, presentasi dilakukan oleh peserta kedua yaitu Risaldi Walli.

 

Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Perempun Ambon yang juga selaku mentor, Astrid Fifi Handayani, saat memonitoring pelaksanaan Seminar Hasil Peserta Latsar menuturkan bahwa kedua peserta telah mempersentasikan hasil aktualisasi dengan baik. “Dijadwalkan esok akan dilanjutkan lagi dengan satu peserta lainnya,” jelas Astrid.

 

“Proses aktualisasi yang dilakukan peserta latsar sangat membantu organisasi, seperti yang telah dipresentasikan kedua peserta hari ini, yaitu Simulasi Penggunaan Alat pemadam api ringan dan Pembuatan SOP Layanan Warung Telekomunikasi Pemasyarakatan. Semoga ke depannya peserta latsar berikutnya juga mampu memberikan inovasi-inovasi untuk kemajuan organisasi,” harap Astrid.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Urusan Tata Usaha, Paulina L. Kiessya menyampaikan rasa syukurnya karena CPNS pada Lapas Perempuan Ambon telah menjalankan tahapan latsar dengan baik. “Puji Syukur ketiga peserta terus maksimal dalam menjalankan setiap tahapan pelatihan, dimulai dari pembelajaran, seminar rancangan, proses aktualisasi, dan juga disaat ini seminar hasil aktualisasi. Semoga masukan dari coach dan mentor dapat ditindaklanjuti dengan baik sehingga mereka boleh mendapatkan hasil yang memuaskan,” ungkapnya Paulina.

Sementara itu, enam orang CPNS pada Lapas Kelas III Saparua yang tergabung dalam gelombang lima angkatan 119 dan 122 juga melaksanakan seminar hasil aktualisasi, Senin (6/12). Pelaksanaan aktualisasi  diselenggarakan oleh Balai Diklat Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sulawesi Selatan.

 

Ernes L. Laturette selaku Kepala Lapas (Kalapas) Saparua, mengungkapkan pihaknya turut mengapresiasi kerja keras CPNS sehingga dapat menyelesaikan kegiatan aktualisasi dengan baik. Laturette juga mengungkapkan kegiatan yang dilakukan CPNS  selama masa habituasi sangatlah inovatif,  pasalnya kegiatan yang dibuat CPNS ini sebagi langkah untuk  melakukan perubahan  di  Lapas Saparua.

 

“Saya sangat bangga dengan anak-anak CPNS karena mereka telah melaksanakan kegiatan aktualisasi dengan baik selama masa habituasi, kegiatan-kegiatan aktualisasi  yang dilakukan mereka saya lihat kegiatanya sangat beragam dan inovatif untuk menciptakan pembaharuan diwajah Lapas Saparua,” ungkap Ernes.

 

Donny D. Lekatompessy selaku Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban sekaligus mentor menerangkan saat presentasi laporan aktualisasi dimulai, CPNS dengan baik mepresentasikan hasil laporan aktualisasi mereka. “Puji syukur tadi presentasi laporan aktualisasi mereka berjalan dengan baik,tuturnya.

 

Tak lupa, Kalapas juga menyampaikanpesan untuk CPNS agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Anak-anakku CPNS, laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab taati semua peraturan yang ada,pesan Kalapas.

 

 

Kontributor: Humas LPP Ambon, Farhansyah Luhulima (Lapas Saparua)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1