CPNS Lapas & Rutan Ikuti Seminar Hasil Aktualisasi

CPNS Lapas & Rutan Ikuti Seminar Hasil Aktualisasi

Ambon, INFO_PAS - Dua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II Angkatan 118 Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ambon atas nama Eva Puspa dan Aulia Ginting mengikuti seminar hasil aktualisasi yang diikuti secara dalam jaringan, Senin (6/12). Dalam kegiatan yang digelar Balai Pendidikan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan, keduanya juga didampingi para mentor, yaitu Kepala Subseksi (Kasubsi) Pengelolaan, Ali Sia, dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Persulessy.

Masing-masing CPNS mempresentasikan hasil aktualisasi dengan judul Optimalisasai Proses Pembagian Slip Gaji dan Slip Tunjangan Kerja Pegawai Rutan Ambon menggunakan elektrik slip dan Email Dinas Pegawai yang dibawakan oleh Aulia, sedangkan Eva dengan judul Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Penunjang Keamanan Pada Pos Utama di Rutan Ambon.

Ali Sia dan Jefry selaku mentor pada kedua CPNS menjelaskan kedua peserta dengan sangat baik mempresentasikan hasil akhir aktualisasi kepada penguji serta mendapatkan respon yang sangat baik pula. Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, berharap setiap CPNS dapat memberikan inovasi dan perubahan sebagaimana aktualisasi yang mereka buat serta dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab.

“Selamat telah melalui tahap seminar hasil. Semoga dapat menjadi PNS yang baik serta mengabdi kepada bangsa, negara, dan tentunya tempat di mana kalian bekerja. Jaga nama baiknya. Pelatihan ini sebagai salah satu syarat kalian diangkat menjadi PNS. Semoga ilmu yang didapatkan dapat dipraktikkan dalam bentuk kerja nyata," harap Jose. 

Kegiatan seruap diikuti CPNS Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Ambon, Ramla Sanaky, Selasa (7/12). Ia memaparkan hasil implementasi inovasi yang merupakan solusi dari isu masalah teridentifikasi di Lapas Perempuan Ambon.

Dalam presentasinya, Ramla memaparkan kegiatan-kegiatan aktualisasi berupa pembuatan banner pelanggaran disiplin dan hukuman disiplin, banner cara berpakaian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saat melewati area steril, dan tempat penyimpanan alat-alat keamanan melalui video yang ditayangkan. “Dengan adanya banner-banner yang telah dipasang di blok, WBP dapat mudah mengetahui tentang jenis dan hukuman pelanggar tata tertib di Lapas Perempuan Ambon,” tuturnya.

Penguji Fetty H. Wantania dari BPSDM Hukum dan Hak Asasi Manusia memuji inovasi yang dipresentasikan CPNS Lapas Perempuan Ambon. “Inovasinya sangat bagus karena mempermudah WBP mengetahui tentang aturan di Lapas. Peserta juga mampu membuat inovasi tempat khusus senjata yang mempermudah petugas dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan alat-alat keamanan,” pujinya.

Selaku mentor CPNS, Astrid F. Handayani yang juga Kasubsi Keamanan dan Ketertiban menilai proses aktualisasi yang dilakukan CPNS sangat membantu organisasi melalui inovasi-inovasi yang diciptakan. “Semoga ke depannya CPNS berikutnya juga mampu memberikan inovasi-inovasi untuk kemajuan organisasi,” harapnya.

Pada Senin (6/12) dan Selasa (7/12), tujuh CPNS Lapas Kelas III Dobo juga seminarkan hasil aktualisasi selama Pelatihan Dasar (Latsar). Sebelumnya, satu CPNS telah menjalani seminar hasil pada bulan November 2021.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari para mentor CPNS, yakni La Nea selaku Kasubsi Keamanan dan Ketertiban, serta Yullian Tomasoa selaku Kepala Urusan Tata Usaha. “Presentasi yang sangat baik dari adik-adik CPNS dalam seminar hasil aktualisasi tadi dan apa yang mereka kerjakan dari awal sampai hari ini telah terselesaikan dengan baik. Semoga mendapat hasil yang baik juga. Saya harap apa yang dikerjakan ini menjadi acuan untuk menemukan inovasi yang baru ke depannya,” harap La Nea.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Lapas Dobo, Sony Tanikwele, memberikan selamat kepada CPNS yang telah selesai mengikuti seminar. “Selamat kepada para CPNS. Semoga apa yang telah didapatkan selama mengikuti Latsar dapat implementasikan pada saat menjalakan tugas di posisinya masing-masing nanti,” harapnya. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon, LPP Ambon, Lapas Dobo

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0