Dapat Asimilasi, Narapidana Lapas Sampit Sujud Syukur

Dapat Asimilasi, Narapidana Lapas Sampit Sujud Syukur

Sampit, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kali ini mengeluarkan 19 narapidana untuk menjalani Asimilasi di  rumah, Kamis (28/1). Sebelumnya, Senin (25/1) Lapas Sampit telah mengeluarkan 16 narapidana yang memenuhi syarat untuk menjalankan Asimilasi di rumah dan 115 narapidana telah terverifikasi untuk diusulkan mendapat Asimilasi hingga Juni mendatang.

“Hari ini Lapas Sampit akan mengeluarkan 19 narapidana yang memenuhi syarat dan ini merupakan pengeluaran narapidana untuk menjalani Asimilasi di rumah pada tahap kedua tahun 2021,” jelas Suhaimi, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja.

Pihaknya juga menjelaskan dasar dari program ini adalah Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto memberikan ucapan selamat dan memberikan arahan kepada para narapidana yang akan menjalani program Asimilasi rumah. “Jalani Asimilasi di rumah ini sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Jangan sampai melanggar pidana lagi yang akhirnya Surat Keputusan Asimilasi kami cabut dan tetap jaga kesehatan,” perintahnya.

Selain itu, Kalapas juga berkesempatan menyapa dan menitipkan pesan kepada keluarga para narapidana yang hadir menjemput narapidana. “Hari ini saya serahkan kembali narapidana kepada pihak keluarga dan bantu Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sampit untuk melakukan pengawasan serta kalau ada hal-hal selanjutnya yang akan ditanyakan silakan hubungi contact person yang sudah kami sediakan,” tutur Agung.

Sejumlah anggota keluarga mengungkapkan rasa syukurnya berkat program Asimilasi ini. “Pelaksanaan program Asimilasi di rumah pengurusannya mudah dan semua layanan yang dilakukan Lapas Sampit bersifat gratis/tidak dipungut biaya apapun. Pihak lapas dan bapas bersedia melakukan pengawasan kepada narapidana yang menjalani Asimilasi di rumah,” urai salah satu keluarga narapidana.

Sebelum diadakan acara serah terima kepada pihak keluarga dan meninggalkan lapas, para narapidana bersujud sembari mengucap syukur. (prv)

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0