Demi Keamanan, LPN Sungguminasa Rutinkan Pemeriksaan Senjata Api

Demi Keamanan, LPN Sungguminasa Rutinkan Pemeriksaan Senjata Api

Sunguminasa, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Sungguminasa terus mengupayakan agar situasi dan kondisi keamanan senantiasa kondusif. Salah satu langkah yang dilakukan adalah rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan senjata api (senpi) dan senjata jenis softgun sebagai sarana pencegahan dan penindakan gangguan keamanan.

 

Pemeriksaan senjata api meliputi kebersihan senjata api, amunisi, dan kelengkapan administrasi berupa surat ijin penggunaan senpi. Setiap detail bagian senpi laras panjang maupun laras pendek dibersihkan lalu dilumasi agar setiap saat siap digunakan apabila diperlukan.

 

Pemeriksaan senpi dilakukan oleh Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, Rasbil, didampingi Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pelaporan dan Tertib, serta Kasubsi Keamanan.

 

“Tujuan pemeriksaan senpi dan softgun imiuntuk menjaga penggunaannya mengingat tingkat gangguan keamanan di lapas cukup tinggi serta untuk pemeliharaan dan perawatan terhadap sarana prasarana keamanan sehingga senjata tersebut siap untuk digunakan,” tutur Rasbil.

Ia menjelaskan pemeriksaan senpi dan senjata jenis softgun tersebut rutin dilaksanakan oleh jajaran Lapas Narkotika Sungguminasa secara berkala agar perlengkapan dinas tersebut selalu dalam keadaan terawat dan siap operasional ketika digunakan. “Pengecekan senpi sebagai kontrol kelayakan senjata yang ada guna pendukung petugas dalam menjalankan tugas di lapangan,” tambah Rasbil.

 

Sementara itu, Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib, Rahmat Nai, menjelaskan saat ini terdapat 36 pucuk senjata yang terdiri dari delapan pucuk jenis laras panjang dan 28 pucuk  jenis pistol di Lapas Narkotika Sungguminasa.

 

“Tujuh dari 36 pucuk senjata yang ada rusak atau sudah tidak laik untuk digunakan karena sudah terlalu lama. Semuanya kami simpan,” ujarnya.

 

 

 

Kontributor: Irsal

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0