Department Of Corrections Thailand Puji Lapas di Wilayah Tangerang

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Direktorat Jenderal Pemasyarakatankedatangan tamu dari negara tetangga, yaitu Delegasi Department Of Corrections Thailand yang dipimpin oleh Senior Expert in Penology Department Of Thailand, Ms. Ploenjai Taekasem. Kunjungan Delegasi Thailand ke Indonesia ini dengan tujuan untuk menjalin kerjasama dan mengetahui bagaimana keadaan Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) di Indonesia.

Delegasi Thailand Saat Mengunjungi Produksi Garmen Lapas Klas I Tangerang

Delegasi Departmen Of Corrections Thailand mengunjungi beberapa Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di wilayah Tangerang, diantaranaya adalah Lapas Klas I Tangerang,  Lapas Wanita Klas IIA Tangerang, dan Lapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang, Rabu (12/07).

Di Lapas Klas I Tangerang, Delegasi Thailand di sambut oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Wilayah Banten, Eni Purwaningsih beserta  Plh. Kalapas Klas I Tangerang, Johanes Fery, dan pejabat struktural di lingkungan Lapas Klas I Tangerang.

Department Of Corrections Thailand Saat Mengunjungi Lapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang

“Selamat datang Delegasi Departmen Of Corrections Thailand di Lapas Klas I Tangerang, kami sangat senang dengan kedatangan para Delegasi Thailand di Lapas Klas I Tangerang ini, dan kami berharap terjalinnya kerjasama yang baik antara Department Of Corrections Thailand dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” ucap Eni saat menyambut kedatangan Delegasi Thailand.

Sementara itu Plh. Kalapas Klas I Tangerang, Johanes Fery,  menjelaskan kepada Delegasi Thailand tentang kapasitas hunian dan kondisi pegawai di lingkungan Lapas Klas I Tangerang.

“Saat ini kondisi bangunan secara umum dalam keadaan baik, kapasitas hunian sejumlah 600 orang. Akan tetapi saat ini penghuninya mencapai 1.463 orang. Jumlah petugas Lapas sebanyak 169 orang. Terdiri dari 17 orang pejabat Struktural, 93 orang Pengamanan dan selebihnya Staff pada 5 Bidang Kerja,”ujarnya.

Kalapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang Memberikan Cinderamata Kepada Delegasi Thailand

Pejabat Lapas Klas I Tangerang ini menerangkan pula tentang layanan yang diberikan oleh Lapas Klas I Tangerang diantaranya adalah Layanan Kesehatan dan Layanan Publik. Lapas Klas I Tangerang memiliki Klinik Kesehatan yang ditangani oleh Tenaga Medis yang terdiri dari 3 orang Dokter Umum dan 1 orang Dokter Gigi serta 4 orang Perawat.  Layanan Kesehatan di Lapas Klas I Tangerang ditunjang oleh 2 Layanan Kesehatan yaitu Poli Umum dan Poli Gigi serta Apotik.

Di Lapas Klas I Tangerang juga tersedia fasilitas Layanan Publik yang di dalamnya terintegrasi bentuk-bentuk layanan yaitu: Layanan Kunjungan, Layanan Informasi, dan Layanan Pengaduan. Layanan Publik ini tersedia dalam satu bangunan tersendiri yang terdapat di halaman depan Lapas. Maksud adanya layanan ini adalah agar masyarakat dapat mengakses langsung akan kebutuhan Layanan Publik tersebut tanpa harus masuk ke dalam Lapas khususnya Layanan Informasi dan Layanan Pengaduan. Untuk Layanan Kunjungan adalah dimaksud mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kunjungan.

Delegasi Thailand Menyayi Bersama WBP WNA Thailand Lapas Wanita Tangerang

Selanjutnya Delegasi Thailand mengunjungi Lapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang dan di sambut langsung oleh Kalapas Anak Wanita Klas IIB Tangerang, Prihartati. Setelah itu Delegasi melanjutkan kunjungannya ke lapas Wanita Klas IIA Tangerang dan disambut oleh Kalapas Wanita Klas IIA, Itun Wardatul Hamro.

Di kedua Lapas wanita ini, para delegasi melihat kondisi blok hunian, dan mereka mengapresiasi dengan kondisi lingkungan yang bersih dan terawat serta memberikan pelayanan prima kepada warga binaan.

Di Lapas Wanita Klas IIA Tangerang, para Delegasi Thailand bertemu dan berbincang dengan Warga Binaan berkewarganegaraan Thailand. Mereka disuguhkan berbagai pertunjukan oleh warga binaan mulai dari menari hingga menyayikan lagu kebangsaan Thailand.

Kalapas Wanita Klas IIA Tangerang Memberikan Cinderamata Kepada Delegasi Thailand

“Saya sangat terkesima dengan kondisi dan pelayanan yang diberikan oleh Lapas di Indonesia kepada warga binaan, karena warga binaan mendapatkan pelajaran dan keterampilan selama mereka menjalani hukuman, dan dapat diterapkan pada saat mereka sudah bebas dari hukuman,” ujar Senior Expert in Penology Department Of Thailand, Ms. Ploenjai Taekasem.

Keesokan Harinya, Kamis (13/07) para Delegasi Department Of Corrections Thailand ini akan bertandang ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, untuk berdiskusi tentang kondisi Penjara / Lembaga Pemasyarakatan di masing masing negara untuk kemajuan bangsa.

Penulis : Humas Ditjenpas

Department Of Corrections Thailand Puji Lapas di Wilayah Tangerang | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya