Deteksi Dini Gangguan Kamtib. Lapas Dobo lakukan pemeliharaan Gembok

Deteksi Dini Gangguan Kamtib. Lapas Dobo lakukan pemeliharaan Gembok

Dobo,INFO_PAS, – Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Lembaga Pemasyarkatan (Lapas) Kelas III Dobo Sony Tanikwele Bersama Kepala Subseksi (Kasubsi) Keamanan dan Letertiban (Kamtib) La Nea serta Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi Max Latukolan melakukan perawatan Gembok dan Mengganti gembok yang rusak, Senin (13/09).

“Tujuan dari pemeliharaan gembok ini merupakan Sebagian kecil dari deteksi dini untuk mencegah timbulnya gangguan kamtib dan meningkatkan kewaspadaan petugas jaga serta karena gembok masuk kedalam dalam kategori sarana keamanan pencegahan, ,” ucap La Nea.

Pemeliharaan gembok dilakukan dengan cara mengoleskan cairan campuran minyak tanah dan minyak goreng yang berfungsi melumasi bagian dalam gembok agar bersih dan melindungi dari karat. Satu persatu gembok dioleskan dengan teliti agar tidak ada bagian/sela-sela yang terlewat dari cairan tersebut.

Sementara itu PLT Kalapas mengungkapkan bahwa kedepannya perawatan gembok kamar hunian serta pintu-pintu lalulintas lainnya akan dilakukan dua atau tiga bulan sekali guna mendeteksi dini gangguan kamtib. “Sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, kita harus lakukan deteksi dini. Kita kan tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya sehingga Deteksi Dini dari hal-hal kecil seperti ini harus selalu diperhatikan mungkin dua atau tiga bulan sekali akan dilakukan perawatan lagi ataupun menganti dengan yang baru bila kondisi gembok tidak dapat diperbaiki lagi,” pungkasnya. ***

 

 

Kontributor : Lapas Dobo

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0