Dir. Kamtib Minta Pembenahan Blok & Pemisahan WBP High Risk

Share:

Kupang, INFO_PAS – Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sutrisman, berpesan agar dilakukan pembenahan blok serta memisahkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dianggap high risk, baik dari jenis kasus hingga keadaan psikologis WBP yang dianggap dapat memicu konflik antar WBP.

Hal ini disampaikan Sutrisman saat dirinya mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kupang, Rabu (14/6) siang. “Kondisi blok dan suasana di dalam sini udah bagus. WBP beserta staf mampu menjaga suasana yang aman dan tertib. Hanya saja, kami titip pesan kepada pihak lapas agar WBP dengan kategori high risk untuk tetap dikontrol. Jangan sampai menjadi sumber konflik di dalam blok bila digabung,” upesannya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kupang, Syarif Hidayat, mengatakan kunjungan tersebut bukan karena adanya laporan pelaksanan keamanan dan ketertiban (kamtib) yang buruk. “Bila ada yang kurang, tentunya beliau tidak akan pelit untuk berbagi ilmu dengan kami di sini sekaligus meninjau apakah ada gangguan kamtib atau tidak. Bila ada gangguan, langsung diberikan solusi penindakannya. Bila tidak ada, maka langkah pencegahan apa yang harus dilakukan,” ujar Syarif.

Salah seorang WBP Lapas Kupang, BS, mengungkapkan ditrinya dan rekan WBP lainnya dititipi pesan untuk tetap menjaga kamtib di dalam lapas. “Tadi Bapak direktur masuk ke dalam blok melihat kondisi kami. Beliau menitipkan pesan kepada kami agar tetap menjaga kamtib di sini. Kalau kami berbuat onar, maka akan ada konsekuensi yang akan kami dapat,” ujar BS.

 

 

 Kontributor: Fernando Dalla

Dir. Kamtib Minta Pembenahan Blok & Pemisahan WBP High Risk | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya