Dua Lapas di Kalsel Terus Dibina Menuju WBK/WBBM

Share:

Martapura, INFO_PAS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan terus berupaya mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin dan Lapas Kelas IIA Narkotika Karang Intan. Pembinaan pada dualLapas tersebut dilakukan oleh Kepala Divisi Administrasi, kemas Hamzah Zain, didampingi Kepala Bagian (Kabag) Program dan Pelaporan (PP), Andi Basmal, Kamis (18/5).

Kemas yang juga sebagai Pelaksana Harian Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan mengatakan pembangunan Unit Kerja Zona Integritas menuju WBK/WBBM diharapkan dapat menjadi model pencegahan yang lebih efektif sebagai upaya pencegahan korupsi dan birokrasi bersih melayani secara konkrit dan terpadu.

“Sebagai supporting unit, DivisiAdministrasi akan melakukan spot-check yang berkelanjutan untuk terus menjaga integritas pegawai dalam menjalankan tugas karena keberhasilan pencanangan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas seseorang dalam suatu organisasi dimana dia berada dan melakukan aktivitasnya,” tegasnya.

Sementara itu, Andi Basmal selaku Kabap PP menjelaskan fokus pembinaan terhadap hasil dari penilaian tim Inspektorat Jenderal Kemenkumham) pada kedua lapas tersebut, ada beberapa rekomendasi dan komponen pengungkit yang harus dipenuhi dan perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Untuk mencapai predikat WBK/WBBM diperlukan kerja tim terkait dengan Manajemen Perubahan, Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Akuntabitas Kinerja, Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, dan Penilaian Persepsi Korupsi,” jelasnya.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Moh. Hafil, mengungkapkan ia dan seluruh jajaranhnnya bertekad untuk menjadi salah satu lapas predikat WBK dan WBBM. “Kami bersyukur dan menyambut baik menjadi lapas yang pertama di Kalimantan Selatan yang disiapkan dan dibina menuju WBK/WBBM dan kami komitmen untuk itu,” janji Hafil.

 

 

Kontributor: Humas Kanwil

Dua Lapas di Kalsel Terus Dibina Menuju WBK/WBBM | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya