Gandeng BNI, Rutan Manado Segera Berlakukan Kantin Jempol

Share:

Manado, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Manado menerima kunjungan dari Kepala Marketing Bank BNI 46 Manado, Stenly, Rabu Siang (10/10). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Rutan Manado, R. Budiman P. Kusumah.

Pada kesempatan itu, Budiman menyampaikan rencananya terkait Bebas Peredaran Uang (BPU) di lingkungan rutan, “Kami berencana untuk mewajibkan BPU di lingkungan rutan dengan menerapkan ‘Kantin Jempol’ seperti halnya telah diberlakukan di tiga lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Kami akan bekerja sama dengan BNI dalam pembuatan rekening virtual account untuk Warga Binaan Pemasyrakatan (WBP) Rutan Manado,” terangnya.

Ia berharap dengan diterarapkannya “Kantin Jempol”, pembelian cukup dilakukan dengan proses pemindaian jempol. “Jadi tidak perlu lagi pakai uang tunai sehingga tidak adanya peredaran uang, praktik suap/pungutanliar, dan transaksi narkoba dalam rutan. Ini juga dapat mengurangi gangguan keamananan dan ketertiban di lingkungan rutan,” tambah Budiman.

Menurutnya, semangat e- goverment melatarbelakangi perjanjian kerja sama ini dengan mengedepankan pelayanan pemasyarakatan yang berbasis IT dalam rangka zero handphone, pungutan liar, dan narkoba.

“Setelah dilakukan migrasi data WBP untuk virtual account akan secepatnya dilakukan MoO dengan BNI,” janji Budiman.

 

 

 

Kontributor: Rutan Manado

Gandeng BNI, Rutan Manado Segera Berlakukan Kantin Jempol | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya