In House Training Tingkatkan Kualitas SDM Petugas Wilayah Maluku

Share:

Ambon, INFO_PAS – Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Pemasyarakatan menjadi target yang telah disepakati bersama oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku sejak tahun 2016. Hal ini dipertegas kembali oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Pujo Harinto, saat melakukan kegiatan In House Training di beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kota Ambon, Kamis (30/11).

(Baca: Petugas Pemasyarakatan Maluku Dihimpun Ikut In House Training).

“Kami berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas SDM petugas Pemasyarakatan di seluruh wilayah Maluku melalui beberapa tahapan. Tahap pertama untuk seluruh UPT di Kota Ambon dan beberapa UPT lainnya  di luar Pulau Ambon yang sudah kami kunjungi beberapa waktu lalu seperti di Cabrutan Saparua, Cabrutan Dobo dan Cabrutan Saumlaki,” kata Pujo di Aula Rutan Ambon.

“Tahapan berikutnya atau tahun depan akan kami lakukan di UPT yang belum kami kunjungi. Hari ini seusai memberikan materi di sin,i saya akan melanjutkan ke Lapas Ambon dan Bapas Ambon,” tambahnya.

Masalah keamanan dan ketertiban (kamtib), lanjut Pujo, menjadi hal yang rawan sehingga harus responsif dan waspada terhadap segala sesuatu termasuk penyelundupan narkoba. “Hal-hal lain terkait pelaksanaan tugas harus dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur,” seru Pujo

Dalam arahannya, Pujo juga mengimbau petugas untuk melakukan evaluasi kinerja diantaranya masalah pelaporan berbasis teknologi informasi macam Sistem Database Pemasyarakatan maupun Sistem Informasi Kepegawaian.

Secara umum, agenda materi In House Training yang disampaikannya di Rutan Ambon dan Lapas Ambon selama sehari itu antara lain menyangkut kode etik petugas Pemasyarakatan, tata tertib pengamanan lapas/rutan, serta isu gangguan kamtib. Khusus di Bapas Ambon, ia memberikan materi tentang diversi dan keadilan restoratif dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Pada kesempatan itu, Pujo sempat menghimpun para Calon Pegawai Negeri Sipil yang sempat melakukan kerja bakti di Bapas Ambon guna memberikan arahan umum tentang kode etik petugas Pemasyarakatan.

 

 

Kontributor: Tersih V.N.

In House Training Tingkatkan Kualitas SDM Petugas Wilayah Maluku | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya