Inisiasi “Jumat Pintar”, Kabapas Pati Berbagi Ilmu

Share:

Pati, INFO_PAS – Gebrakan demi gebrakan dimunculkan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati. Salah satunya adalah kegiatan “Jumat Pintar” yang digalakkan Kepala Bapas Pati, Giyanto, mulai Jumat (11/1).

Bertempat di ruang rapat Bapas Pati, kegiatan “Jumat Pintar” diikuti para pejabat struktural, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), Jabatan Fungsional Umum (JFU), dan Tunas Pengayoman untuk menambah dan saling berbagi ilmu.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi JFT dengan cara pelatihan mandiri. Poin yang paling penting adalah melatih Pembimbing Kemasyarakatan (PK) agar lebih berani untuk bicara di hadapan orang banyak,” jelas Giyanto seraya berharap jajarannya dapat memanfaatkan pelatihan dua jam ini dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan pertama, Giyanto memberikan materi tentang Assesmen Risiko dan Faktor-Faktor Kriminogenik. Assesmen ini sangat penting dalam membantu program pembinaan dan pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), terlebih Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sedang mendorong program revitalisasi.

Jumat Pintar di Bapas Pati

Assesmen juga akan membantu dalam klasifikasi penempatan dan perlakuan WBP. “Dengan pembelajaran ini, PK diharapkan mendapatkan ilmu baru sehingga penyajian penelitian kemasyarakatan akan lengkap dan akurat dengan didukung data yang komplet sehingga tersusun sempurna,” ungkap Giyanto yang merupakan salah satu trainer assasmen jajaran Pemasyarakatan.

Untuk kegiatan berikutnya, Giyanto akan memberikan penguatan terkait Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. Selanjutnya, para PK, Asisten PK, pejabat struktural, maupun JFU dituntut secara bergantian melakukan presentasi sesuai kemampuan masing-masing agar berani tampil untuk memberikan ilmunya pada teman-teman yang lain.

“Semoga kegiatan ‘Jumat Pintar’ ini membawa manfaat untuk kita semua dan membawa kemajuan kantor kita yang kita cintai. Bagi teman-teman dari luar Bapas Pati yang ingin bergabung dipersilakan juga untuk berbagi ilmunya di Hari Jumat,” pungkas Giyanto.

 

 

Kontributor: Muslim

Inisiasi “Jumat Pintar”, Kabapas Pati Berbagi Ilmu | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya