Insan Pemasyarakatan Dituntut Memiliki Kompetensi Komunikasi

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K. Dusak berharap Insan Pemasyarakatan memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang komunikasi khususnya dengan media. “Melalui rapat koordinasi Kehumasan ini diharapkan dapat melahirkan insan-insan Pemasyarakatan yang berkompeten untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan dan capaian positif Pemasyarakatan serta mampu menjawab segala persoalan dengan kinerja yang baik di UPT Pemasyarakatan,” ujar Dusak saat membuka Rapat Koordinasi Kehumasan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta, Minggu (21/5).

Dusak menuturkan, perbedaan pandangan masyarakat tentang tugas dan fungsi Pemasyarakatan sering menempatkan institusi Pemasyarakatan berada dalam situasi salah dalam setiap pemberitaan. “Ada yang orientasinya masih pemenjaraan, banyak pula yang berorientasi mengelolanya harus dengan menjunjung tinggi HAM dan kenyamanan,” ujar Dusak dihadapan 66 Kepala UPT Pemasyarakatan dan 22 Pejabat Pemasyarakatan Peserta Rapat Koordinasi Kehumasan DitjenPAS.

Ketidaktahuan masyarakat itu justru kerap memojokkan institusi Pemasyarakatan seolah belum bekerja sesuai koridor yang telah ditetapkan. Padahal, menurut Dusak banyak capaian dan prestasi yang patut dibanggakan dari Institusi Pemasyarakatan, percepatan hingga berbagai inovasi model pelayanan masyarakat dan pembinaan yang diperuntukkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dusak meyakini, dengan meningkatkan layanan penyampaian informasi yang baik dan terus-menerus kepada masyarakat, maka Pemasyarakatan dapat membangkitkan citra kinerja positif yang saat ini kerap samar oleh kabar-kabar negatif di media massa.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dalam laporannya menerangkan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi Humas ini sengaja diadakan untuk memberikan bekal pengetahuan bidang kehumasan dan Publik Speaking kepada para pejabat dan Kepala UPT muda Pemasyarakatan agar memiliki kecakapan dalam memberikan informasi kepada  masyarakat dengan baik.

“Teman-teman muda ini memiliki tugas berat, dengan bekal ini, diharapkan para pejabat dan Kepala UPT muda ini dapat mengangkat dan terus menjaga citra positif Pemasyarakatan kedepan,” ungkap Utami.

Utami menjelaskan bahwa layanan Informasi yang baik kepada masyarakat saat ini adalah suatu keharusan. Maka, sudah selayaknya setiap satuan kerja atau Kepala UPT Pemasyarakatan mampu menjalankan fungsi kehumasan sebagai ujung tombak pengelolaan pelayanan informasi publik yang baik sebagai wujud komitmen penyelenggaraan clean anda clear governance institusi Pemasyarakatan. (NH)***

Insan Pemasyarakatan Dituntut Memiliki Kompetensi Komunikasi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya