Jajaran Lapas Wonreli Lakukan Pemeriksaan Senpi & Amunisinya

Jajaran Lapas Wonreli Lakukan Pemeriksaan Senpi & Amunisinya

Wonreli, INFO_PASJajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Wonreli melakukan pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan inventaris amunisi dan senjata api (senpi), Kamis (26/8). Kegiatan tersebut dilakukan di ruang kerja Kepala Subseksi Keamanan dan KetertibanMustafa La Abidin, dengan melakukan pemeriksaan dan penghitungan kembali jumlah fisik dan kondisi amunisi dan senpi tersebut.

“Pengecekan dan perawatan merupakan suatu hal yang penting mengingat amunisi dan senpi menjadi salah satu penunjang dalam menjaga situasi kondusif di Lapas,” terang Mustafa.

Kepala Lapas Wonreli Nasarudin Tidore, juga turun langsung dalam pengecekan ini. Adapun senpi yang diperiksa adalah lima pucuk senpi laras panjang jenis shotgun, tiga pucuk senpi genggam jenis pistol, dua pucuk gas air mata, serta tiga jenis amunisi, baik amunisi untuk laras panjang dan senpi genggam jenis pistol, yakni peluru karet, peluru tajam, dan peluru untuk gas air mata. Semuanya dicek dan diadakan perhitungan jumlah untuk dicatat pada buku inventaris sarana dan prasarana keamanan.

Nantinya setelah dilakukan pengecekan amunisi, bulan ini juga kami jadwalkan pemeliharaan dan perawatan senpi oleh petugas yang memilki pengetahuan dan kemampuan dasar terkait pemeliharaan dan perawatan senpi,,” terang Nasarudin.

Merujuk pada Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pada Bab V terkait keamanan dan ketertiban pasal 8, senpi dan amunisi harus mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra sebagai salah satu sarana dalam menghadapi gangguan keamanan yang sewaktu- waktu dapat saja terjadi. “Pemeriksaan senpi penting dilakukan demi mendukung kelancaran tugas kami di lapangan saat piket pagi, siang, maupun malam,” urai Komandan Jaga siang, Yunus Wedilen. (IR)

 

Kontributor: Lapas Wonreli

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0