Jalani Asimilasi, Anak LPKA Ambon Diantar Pulang Petugas

Jalani Asimilasi, Anak LPKA Ambon Diantar Pulang Petugas

Ambon, INFO_PAS – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon memulangkan satu Anak yang mendapatkan Asimilasi di rumah, Senin (15/3). Pengeluaran Anak LPKA Ambon ini didasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Arifin selaku Kepala Seksi Pembinaan, saat memberikan Surat Keputusan Asimilasi berpesan kepada penerima Asimilasi, bahwa dengan program ini bukan berarti ia sudah bebas. Meskipun sudah menghirup udara bebas, Anak tersebut diingatkan bahwa ia  masih dalam pengawasan dan bimbingan dari Pembimbing Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan.

“Untuk itu, apabila kembali melakukan perbuatan yang melanggar hukum maka hak  kamu akan dicabut kembali,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LPKA Ambon Catherian C. Picauly juga berpesan kepada Anak tersebut untuk tetap melanjutkan pendidikan, tidak malu terhadap lingkungan, dan harus tetap semangat jalani hidup.

“Pengalaman ini harus menjadi pelajaran terbaik untuk kemuliaan Tuhan, menjadi kebanggaan orang tua, terkhususnya diri sendiri. Ingat rajin berdoa, baca Alkitab sebagaimana yang sudah dilakukan selama proses pembinaan di LPKA, di rumah juga harus dilanjutkan,” pesan Catherian.

Petugas LPKA Ambon juga mengantarkan Anak penerima Asimilasi pulang ke rumahnya. Hal ini menjadi perhatian petugas lantaran usia orang tua Anak tersebut yang sudah tidak lagi muda, sehingga tidak bisa hadir dan menjemput anaknya pulang. (prv)

 

 

Kontributor: Olaf

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0