Jalani Asimilasi di Rumah, 2 WBP Rutan Ambon Hirup Udara Bebas

Jalani Asimilasi di Rumah, 2 WBP Rutan Ambon Hirup Udara Bebas

Ambon, INFO_PAS - Dua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon hirup udara bebas usai mendapatkan program Asimilasi di rumah, Selasa (26/10). Sebelumnya, Rutan Ambon juga telah mengeluarkan tiga WBP setelah menjalani masa pidananya dan dinyatakan bebas murni.

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dorsina Jadera, kala memberikan Surat Keputusan berharap WBP selalu berkelakuan baik selama menjalani program Asimilasi di rumah serta meminta pihak keluarga agar mengawasi dan menjaga kelaurganya agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan hak-hak Asimilasinya dicabut kembali. “Selamat kembali berkumpul dengan keluarga dan masyarakat. Jangan mengulangi kesalahan yang melanggar hukum,” pesan Dorsnia.

Sementara itu, Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menuturkan setiap WBP berhak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program Asimilasi di rumah, Cuti Bersyarat, Pembebasan Bersyarat, maupun Cuti Menjelang Bebas sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021 jika sudah memenuhi segala persyaratan administratif yang diperlukan. WBP juga wajib mengikuti semua aturan dan pembinaan yang sedang berjalan di Rutan Ambon agar dapat dinilai apakah layak mendapatkan program tersebut.

“Ada Sidang Tim Pengamat pemasyarakatan guna memastikan apakah WBP tersebut layak mendapatkan program-program pembinaan dan tentunya WBP harus selalu bersikap baik selama menjalani program tersebut,” ucap Jose.

Tidak lupa, ia mengucapkan selamat kepada WBP yang bebas murni dan mendapat Asimilasi di rumah sehingga dapat kembali berkumpul dengan keluarganya. “Semoga pengalaman dan pembinaan yang didapatkan selama berada di Rutan dapat diimplementasikan di luar dan tentunya jangan mengulangi lagi kesalahan yang sama,” pinta Jose. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0