Jelang Idulfitri, Sejumlah Fasilitas di Lapas Padang Diperbaiki

Jelang Idulfitri, Sejumlah Fasilitas di Lapas Padang Diperbaiki

Padang, INFO_PAS Dalam rangka meningkatkan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang lakukan perbaikan dinding kamar hunian dan tembok pembatas serta penutupan ventilasi, Rabu (5/5). Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Padang, Era Wiharto, melakukan pemeriksaan fisik bangunan Lapas bersama petugas, sekaligus kontrol keliling.

Dalam kontrol tersebut, Kalapas menemukan beberapa titik yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, seperti percobaan pelarian. Beberapa titik tersebut di antaranya dinding kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dinding tembok pembatas dekat pos menara yang keropos dan nyaris berlubang, serta besi pengaman gorong-gorong yang mulai keropos.

Menurut Era, selain memperbaiki dinding yang rapuh karena usia bangunan, juga dilakukan penutupan ventilasi di area sekitar pintu keluar menuju pos menara. “Ini dilakukan dalam rangka meminimalisir kondisi yang dinilai berpotensi dijadikan tempat percobaan pelarian oleh WBP,” jelasnya.

Arahan dan perintah Kalapas langsung ditindak lanjuti oleh Urusan Umum Lapas, yang kemudian melakukan plester semen kembali pada titik-titik rawan tersebut. Kepala Urusan Umum Lapas Kelas IIA Padang, Ardin, menerangkan maraknya terjadi percobaan pelarian melalui celah-celah dinding Lapas menjadi perhatian besar.

“Pada momen menjelang lebaran Idulfitri ini, kerinduan dan keinginan untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga tengah memuncak. Untuk itu, kita lakukan plester ulang menggunakan semen pada dinding dan penutupan permanen terhadap ventilasi pada akses pintu keluar,” jelas Ardin. (prv)

 

Kontributor: Humas Lapas Padang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0