KAKANWIL DAN KADIVPAS JATENG BERI PENGARAHAN DI LAPAS PEKALONGAN

Pekalongan, INFO_PAS - Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekalongan pada Rabu (15/10) dipadati para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan dan Batang serta jajaran Lapas Pekalongan. Mereka mengikuti pengarahan dan sosialisasi Standar Pelayanan Pemasyarakatan dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah. Asminan Mirza Zulkarnain selaku Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah mengatakan peningkatan tunjangan kinerja diharapkan dapat memacu kinerja masing-masing pegawai. “Setiap pegawai harus memenuhi capaian kinerja yang sudah ditetapkan dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Bila tidak tercapai, maka akan dikenai hukuman disiplin,” tegasnya. Lebih lanjut, Mirza menghimbau seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan untuk meningkatkan pelayanan publik. “Sesuai tema Hari Dharma Karyadhika tahun ini, kita harus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang trans

KAKANWIL DAN KADIVPAS JATENG BERI PENGARAHAN DI LAPAS PEKALONGAN
Pekalongan, INFO_PAS - Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekalongan pada Rabu (15/10) dipadati para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekalongan dan Batang serta jajaran Lapas Pekalongan. Mereka mengikuti pengarahan dan sosialisasi Standar Pelayanan Pemasyarakatan dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah. Asminan Mirza Zulkarnain selaku Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah mengatakan peningkatan tunjangan kinerja diharapkan dapat memacu kinerja masing-masing pegawai. “Setiap pegawai harus memenuhi capaian kinerja yang sudah ditetapkan dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Bila tidak tercapai, maka akan dikenai hukuman disiplin,” tegasnya. Lebih lanjut, Mirza menghimbau seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan untuk meningkatkan pelayanan publik. “Sesuai tema Hari Dharma Karyadhika tahun ini, kita harus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang transparan, profesional, dan bebas dari korupsi. Perhatikan peraturan-peraturan terkait pelayanan publik,” himbau Kakanwil. Pada kesempatan yang sama, Kadivpas Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, juga mensosialisasikan Standar Pelayanan Pemasyarakatan. “Layanan Publik Pemasyarakatan berjumlah 63 layanan dengan rincian: bidang keamanan dan ketertiban dua layanan, bidang kesehatan dan kerawatan 15 layanan, bidang bimkemnas dan PA 11 layanan, bidang basan baran empat layanan, bidang informasi dan komunikasi delapan layanan, dan bidang binapiyantah 23 layanan. Semua layanan itu harus diberikan dengan baik dan gratis,” jelasnya. Selain itu, Kadivpas juga mennjelaskan terkait indikator penilaian UPT Pemasyarakatan. “Hal ini mencakup: visi, misi, dan motto pelayanan 5%; standar pelayanan dan maklumat pelayanan 25%; sumber daya manusia 17%; sarana dan prasarana pelayanan 8%; penanganan pengaduan 10%; indeks kepuasan masyarakat 10%; sistem informasi pelayanan publik 7%; dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan 8%,” tambahnya. Suprapto, Kepala Lapas (Kalapas) Pekalongan, mengatakan bahwa Standar Pelayanan Pemasyarakatan dan Strategi Penerapan Standar Pelayanan Pemasyarakatan akan segera diimplementasikan di Lapas Pekalongan. “Kami siap melaksanakannya secara komprehensif dalam waktu dekat ini,” janjinya. (IR)   Kontributor: M. Anang Saefulloh 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0