Kalapas Sragen Ingatkan Generasi Muda Tentang Rasa Kebangsaan & Bela Negara

Kalapas Sragen Ingatkan Generasi Muda Tentang Rasa Kebangsaan & Bela Negara

Sragen, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sragen, Yosef Yembise, mendapat kepercayaan menjadi inspektur upacara dalam rangka Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi pelajar SMK-SMA se-Kabupaten Sragen, Senin (10/2). Upacara ini digelar di SMK Kedawung Sragen serta dihadiri siswa-siswi, dewan guru, dan perwakilan TNI.

Dalam amanatnya, Yosef mengatakan pemberitaan media tentang kasus intoleransi, perisakan, dan munculnya isu radikalisme di kalangan pelajar sangat mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara, secara khusus di Kabupaten Sragen. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sragen bersama seluruh elemen masyarakat berupaya melakukan tindakan pencegahan meluasnya kejadian tersebut dengan menyelenggarakan apel kebangsaan dan bela negara bagi pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Sragen.

“Kami ingin menyelamatkan generasi muda, terutama adik-adik pelajar yang menjadi harapan bangsa dan negara tercinta,” harap Kalapas.

Lebih lanjut, ia mengajak siswa-siswi SMK Kedawung agar mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, yang "guyub rukun" dengan bersatu dan berkomitmen menolak semua paham radikalisme dan terorisme dengan cara menjadikan keyakinan sebagai kaidah penuntun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara disertai rasa cinta tanah air serta mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Hal ini sesuai program pembangunan Presiden Republik Indonesia, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju yang selaras dengan visi Kabupaten Sragen, yakni Bangkit Bersama Mewujudkan Bumi Sukowati Yang Sejahtera dan Bermartabat serta salah satu misi Bupati Sragen, yaitu mewujudkan SDM berkualitas,

“Para pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki keunggulan sesuai bakat masing-masing dan berkarakter sesuai jiwa Pancasila,” pungkas Yosef.

 

 

Kontributor: Lapas Sragen

What's Your Reaction?

like
3
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0